Masjid Indonesia di Tokyo Gelar Salat Idulfitri 3 Gelombang

Masjid Indonesia di Tokyo Gelar Salat Idulfitri 3 Gelombang
Ketua Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) Jepang Prof. Muhammad Aziz. Foto: ANTARA/Juwita Trisna Rahayu

jpnn.com, TOKYO - Masjid Indonesia Tokyo (MIT) akan menggelar shalat Idulfitri dengan tiga gelombang pada 1 Syawal 1444 hijriah atau yang diperkirakan jatuh pada Sabtu (22/4) mendatang.

Ketua Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) Jepang Muhammad Aziz di Tokyo pada Kamis mengatakan bahwa pelaksanaan shalat Idulfitri tiga gelombang untuk mengakomodasi jumlah jamaah yang diperkirakan akan membeludak.

“Karena Idulfitri diperkirakan jatuh pada 22 April, itu hari Sabtu dan akan ramai. Jadi rencananya akan ada tiga gelombang,” katanya.

Pelaksanaan shalat Idulfitri di Masjid Indonesia Tokyo untuk gelombang 1 dimulai pukul 07.00-07.45 waktu setempat (05.00-05.45 WIB), Gelombang 2 pukul 08.30-09.15 waktu setempat dan Gelombang 3 pada pukul 09.45-10.30 waktu setempat.

Kapasitas per gelombang, yakni mampu menampung maksimal 600 jamaah.

Aziz menyebutkan pada Idulfitri tahun lalu, sekitar 1.500 jamaah yang hadir dan jumlahnya diperkirakan akan meningkat, terutama saat ini peraturan pembatasan kegiatan sosial di Jepang semakin dilonggarkan.

Pemerintah Jepang sudah mencabut kewajiban memakai masker sejak 13 Maret lalu dan akan mengubah status pandemi menjadi endemi pada 8 Mei mendatang.

“Saya belum tahu sejauh mana kenaikannya tetapi kalau dilihat dari catatan setiap Sabtu-Minggu itu mungkin naiknya bisa dua kali. Animo masyarakat besar sekali,” katanya.

Masjid Indonesia Tokyo (MIT) akan menggelar shalat Idulfitri dengan tiga gelombang pada 1 Syawal 1444 hijriah

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News