Massa Black Lives Matter Desak Patung Figur Kolonial Australia Diturunkan

Massa Black Lives Matter Desak Patung Figur Kolonial Australia Diturunkan
Patung tokoh-tokoh dari era kolonial di Australia (kiri ke kanan): Lachlan Macquarie, Charles Cameron Kingston dan Kapten James Cook. (ABC News: Mridula Amin/Adelaidia: Theen Moy/Wikimedia Commons: J Bar)

Serangkaian unjuk rasa terkait 'Black Lives Matter' yang digelar di sejumlah kota-kota besar di Australia selama akhir pekan lalu telah mendorong agar patung yang dianggap menyakitkan warga Aborigin diturunkan.

Di jejaring sosial beredar luar seruan untuk menurunkan patung-patung yang dianggap sebagai penjajah, penjelajah, dan tokoh-tokoh dari era kolonial.

Diantaranya adalah patung Lachlan Macquarie dan Kapten James Cook di Sydney, New South Wales.

External Link: Tweet Charles Cameron Kingston

 

Begitu juga dengan patung mantan perdana menteri Australia, Charles Cameron Kingston yang berada di Victoria Square di Adelaide, ibukota negara bagian Australia Selatan, tempat warga berunjuk rasa Sabtu lalu (6/06).

Sosok Charles telah dianggap salah satu tokoh yang terlibat dalam kebijakan "White Australia", saat hanya orang kulit putih yang bisa bermigrasi ke Australia.

Perempuan Aborigin dari suku Adnyamathanha dan Ngarrindjeri, Jacinta Koolmatrie mengunggah foto Charles di akun jejaring sosialnya.

"Adakah yang juga merasa patung-patung di kota mereka sebagai target setelah melihat banyak patung yang diturunkan? Saya punya," ujarnya yang berprofesi sebagai arkeolog di akun Twitter-nya.

Serangkaian unjuk rasa terkait 'Black Lives Matter' yang digelar di sejumlah kota-kota besar di Australia selama akhir pekan lalu telah mendorong agar patung yang dianggap menyakitkan warga Aborigin diturunkan

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News