Masuk Kampus, PISPI dan IDI Menginspirasi Mahasiswa

Masuk Kampus, PISPI dan IDI Menginspirasi Mahasiswa
Kegiatan bersama kelas inspirasi pertanian dan kesehatan di Fakultas Kedokteran Kampus Universitas Hasanuddin, Makassar yang digelar Badan Pengurus Pusat Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (BPP PISPI) dan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Kamis (11/5). FOTO: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pengurus Pusat Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (BPP PISPI) dan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) kembali melaksanakan kegiatan bersama sebagai rangkaian kegiatan Hari Bakti Dokter Indonesia ke-109 tahun pada hari Kamis (11/5/2017).

Kegiatan bersama itu dengan menggelar kelas inspirasi pertanian dan kesehatan di Fakultas Kedokteran Kampus Universitas Hasanuddin, Makassar. Kelas inspirasi ini diisi dua narasumber utama yaitu Ketua Umum PB IDI 2012-2015 dr. Zainal Abidin dan Sekretaris Jenderal BPP PISPI, Arif Guntoro.

Kelas inspirasi ini turut pula dihadiri dr. Daeng Mohammad Faqih selaku Ketua Umum PB IDI terpilih untuk masa bakti 2019-2021, dan yang bertindak sebagai pemandu acara Kamhar Lakumani, Ketua I BPP PISPI.

Berdasarkan siaran pers yang diterima, Kamis (11/5) menyebutkan kegiatan ini diikuti mahasiswa dari berbagai fakultas dalam ruang lingkup Agro Kompleks dan Medis Kompleks termasuk ketua-ketua lembaga kemahasiswaan tingkat fakultas maupun tingkat jurusan intra dan ekstra kampus.

Sebelum memulai paparannya, dr. Zaenal Abidin, mengawali dengan pemutaran film pendek tentang kiprah dokter mulai di zaman penjajahan hingga kemerdekaan.

"Di masa penjajahan banyak anak bangsa yang memiliki latar belakang pendidikan dokter dan berprofesi dokter ikut aktif dan berperan nyata membangun kesadaran kebangsaan serta berjuang untuk memerdekakan bangsa dari belenggu kebodohan dan penjajahan," kata dr Zaenal Abidin.

Selanjutnya di awal-awal kemerdekaan, para dokter mengemban tugas hampir di semua posisi pemerintahan. Menempati posisi-posisi penting sebagai menteri yang bahkan tak memiliki hubungan pendidikan formal dengan kesehatan.

Pada masa itu, menurut dr. Zaenal, dokter yang ditugaskan ke daerah-daerah memiliki fungsi dan peran yang lebih luas, termasuk bercocok tanam, beternak sampai memelihara ayam untuk mengajarkan penting konsumsi telur, buah, sayur dan pangan sehat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan.

Badan Pengurus Pusat Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (BPP PISPI) dan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) kembali melaksanakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News