Masuk Musim Hujan, Perhatikan Mika Lampu Mobil Anda

Masuk Musim Hujan, Perhatikan Mika Lampu Mobil Anda
Ilustrasi lampu mobil. Foto: ridha/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu hal yang selalu menjadi perhatian pengendara mobil ketika memasuki musim hujan, ialah bagian mika lampu yang berembun.
 
Pasalnya, mika lampu menjadi bagian penting di kendaraan. Jika, mika lampu buram kemungkinan dapat menggangu visibilitas, terutama ketika berkendara pada malam hari.

Oleh karena itu, mika lampu harus mendapatkan perhatian agar tidak menguning atau kusam lebih cepat.

Penyebab mika lampu menjadi kusam atau menguning itu pada umumnya karena air hujan yang dibiarkan menempel, dan akhirnya berubah menjadi bercak jamur.

Bercak jamur yang menjadi penyebab awal mika lampu jadi kusam, asalnya dari campuran air hujan yang sudah mengering karena adanya proses penguapan.

Jika terjadi seperti itu pemilik sebaiknya langsung melalukan pembersihan dengan cara membongkar lampu. Tapi perlu diingat, untuk melakukan pembongkaran disarankan harus yang profesional agar lem (perekat) mika lampu tidak longgar.

Selain itu, disarankan mobil yang setelah kena guyuran hujan kemudian kena panas, untuk memarkirnya di tempat yang teduh, jadi jangan terkena sinar matahari langsung.

Panas dari matahari dapat menyebabkan lem mika lampu depan menjadi renggang sehingga udara atau air bisa masuk ke batok kaca, ketika hujan tiba. (mg9/jpnn)

Salah satu hal yang selalu menjadi perhatian pengendara mobil ketika masuk musim hujan, ialah bagian mika lampu yang berembun.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News