Masyarakat Minta Penambahan Maskapai di Bandara Muara Bungo

Masyarakat Minta Penambahan Maskapai di Bandara Muara Bungo
Anggota Komisi V DPR RI Saniatul Lativa melakukan kunjungan kerja di Muara Bungo, Provinsi Jambi. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAMBI - Bandara Udara Muara Bungo adalah bandara udara yang terletak di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, Indonesia. Bandara ini berlokasi di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Rimbo Tengah atau sekitar 20 menit dari pusat Kota Muara Bungo.

Saat ini Bandara Muaro Bungo memiliki satu kali jadwal penerbangan dari Muara Bungo ke Soekarno Hatta dan sebaliknya. Adapun maskapai yang terbang ke Muara Bungo yakni NAM Air.

Anggota Komisi V DPR RI Saniatul Lativa menyampaikan banyak keluhan dari masyarakat yang ada di Muara Bungo dan sekitarnya. Masyarakat mengharapkan tidak hanya satu maskapai saja yang melayani penerbangan ke Muara Bungo.

“Kalau hanya satu maskapai otomatis harga dimonopoli sehingga harga bisa melambung tinggi apalagi di saat hari-hari besar seperti lebaran kemudian dan lain-lain,” ungkapnya.

??Sebagaimana disampaikan Bupati Muara Bungo Mashuri bahwa jumlah penumpang dari Jakarta ke Muara Bungo dan sebaliknya cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat dari penumpang maskapai yang sudah melayani penerbangan ke Muara Bungo hampir selalu penuh penumpang.??Di sisi lain, Saniatul Lativa juga sampaikan bahwa jika penerbangan ke Muara Bungo ditambah maskapainya, maka run way Bandara Muara Bungo harus diperpanjang, kelengkapan navigasi serta pendukung lainnya harus dilengkapi.

“Kita akan lihat dahulu anggarannya, untuk melengkapi itu semua, sejauh ini anggaran 2018 baru hanya untuk pelebaran apronnya saja, dimana pada saat ini apron Bandara Muara Bungo hanya untuk satu pesawat,” ungkapnya.

Politikus Partai Golkar ini juga sampaikan bahwa penambahan apron Bandara Muara Bungo ini sebagai persiapan jika ada penambahan maskapai yang mendarat di bandara tersebut.??Lativa juga berharap ke depannya ada konektivitas antara Bandara Muara Bungo dengan daerah-daerah sekitarnya, karena jika menggunakan jalur darat akses dari Jambi ke wilayah lainnya seputar Jambi cukup lama dan sangat memakan waktu. Jika sudah ada konektivitas maka laju pertumbuhan ekonomi daerah juga akan lebih cepat.(adv/jpnn)


Masyarakat mengharapkan tidak hanya satu maskapai saja yang melayani penerbangan ke Muara Bungo.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News