Masyarakat Simalungun Berharap Tuan Rondahaim Saragih dapat Gelar Pahlawan Nasional

Masyarakat Simalungun Berharap Tuan Rondahaim Saragih dapat Gelar Pahlawan Nasional
Diskusi bertajuk 'Tuan Rondahaim Saragih - Pejuang Kemerdekaan Tanah Simalungun yang Terlupakan' digelar pada Jumat, 27 Oktober 2023 di kantor Para Syndicate, Jakarta Selatan. Foto: Dok. Para Syndicate

jpnn.com, JAKARTA - Diskusi bertajuk 'Tuan Rondahaim Saragih - Pejuang Kemerdekaan Tanah Simalungun yang Terlupakan' digelar pada Jumat, 27 Oktober 2023 di kantor Para Syndicate, Jakarta Selatan.

Acara dihadiri oleh Direktur Eksekutif Para Syndicate, Ari Nurcahyo, Dosen Sejarah UIN Syarif Hidayatullah, Dr. Johan Wahyudi M.Hum, Lektor Kepala/Dosen Program Studi S2 Ilmu Sejarah FIB, Universitas Sumatera Utara, Dr. Suprayitno, Pemuka Masyarakat Simalungun. DR. med Sarmedi Purba, Sp.OG.

Dalam diskusi tersebut, Komunitas Masyarakat Simalungun mendorong pemerintah menganugerahkan Gelar Pahlawan Nasional kepada Raja Raya Namabajan, Tuan Rondahaim Saragih atas perjuangannya mengusir penjajah dari tanah Simalungun, dan sekitarnya.

"Yang kami bicarakan hari ini adalah calon Pahlawan Nasional, tetapi Pahlawan Nasional yang datang dari daerah. Ini sumbangan daerah untuk NKRI. Hal ini menjadi penting sebab membangun Indonesia, harus dari daerah," kata Sesepuh Masyarakat Simalungun, Prof Bungaran Saragih, dalam keterangan resmi.

"Kalau daerah tidak mendapat perhatian dari pemerintah pusat, dalam pengertian yang luas, maka sulit bagi NKRI untuk berkembang pada masa-masa yang akan datang. Maka dari itu, pemerintah pusat harus menyadari bahwa kekuatan bangsa ini, ada di daerah," sambungnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian periode 2000-2004 itu mengatakan bahwa Tuan Rondahaim Saragih merupakan salah satu leluhur yang kerap menjadi tauladan di keluarga.

Perjuangan Tuan Rondahaim Saragih mengusir penjajah dari tanah air kerap menjadi cerita penting dalam perjalanan keluarga besar Saragih.

"Saya selalu mendapat nasihat dari para orang tua bahwa ada di bagian keluarga kita sesosok orang yang ikut berjuang mengusir Belanda, dengan perjuangan yang belum pernah terjadi di tanah Simalungun sebelumnya," beber Bungaran Saragih.

Diskusi bertajuk 'Tuan Rondahaim Saragih - Pejuang Kemerdekaan Tanah Simalungun yang Terlupakan' digelar pada Jumat, 27 Oktober 2023 di kantor Para Syndicate.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News