Mattoangin Belum Layak, Timnas U-23 Kembali Pilih Jogja

Mattoangin Belum Layak, Timnas U-23 Kembali Pilih Jogja
Aji Santoso. Foto: Guntur Aga/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Rencana Timnas U-23 proyeksi Asian Games, Incheon, Korsel 2014 untuk menjalani pemusatan latihan dan uji coba di Makassar, Sulawesi Selatan, dipastikan batal. Pasalnya, Inspeksi oleh tim dari Badan Tim Nasional (BTN) menyatakan stadion yang ada disana, belum layak.   

Direktur High Performance Unit (HPU) BTN, Demis Djamoeddin, menegaskan jika Stadion Mattoangin masih memiliki beberapa kekurangan.

"Kami sudah paparkan hasil inspeksi kepada BTN. Keputusannya, belum layak untuk pemusatan latihan Timnas di bulan Mei ini," katanya di kantor BTN, kemarin (28/4).

Infrastruktur Stadion yang menjadi home base klub ISL PSM Makassar itu belum memadai untuk menggelar laga Timnas. Infrastruktur yang dimaksud oleh lelaki plontos itu adalah Lampu Stadion, dan kualitas lapangan yang masih belum memenuhi standar.

Untuk lampu, kualitas dan kuantitas Stadion belum memadai karena hanya berkekuatan 600 lux. Padahal, untuk standar siaran, adalah 1200 lux. Mininal, dengan kualitas pencahayaan yang kurang seperti beberapa stadion di Indonesia yang ternyata masih berkekuatan 850 lux.

"Selain hanya memiliki 600 lux, pengelola stadion juga menjelaskan jika beberapa bola lampu ada yang dalam kondisi mati," terangnya.

Kondisi ini tidak akan mendukung nantinya karena Timnas U-23 dijadwalkan menjalan uji coba pada malam hari. Sebab, Timnas terikat kerja sama dengan stasiun televisi untuk menayangkan pertandingan pada prime time. Karena itulah, tak cukup penayangan jika penerangan kurang.

Selain lampu, kualitas rumput lapangan Stadion yang dibangun untuk PON 1957 lalu itu, juga masih belum maksimal. Selain tidak rata dan bergelombang, lapangan juga perlu ada perbaikan yang besar untuk memenuhi standar dari BTN.

JAKARTA - Rencana Timnas U-23 proyeksi Asian Games, Incheon, Korsel 2014 untuk menjalani pemusatan latihan dan uji coba di Makassar, Sulawesi Selatan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News