Mau Awet Muda? Hindari 8 Kebiasaan Ini yang Bikin Cepat Tua

Mau Awet Muda? Hindari 8 Kebiasaan Ini yang Bikin Cepat Tua
Rahasia wajah awet muda. Foto: Istimewa

jpnn.com - Siapa yang tak ingin tampak awet muda? Kebanyakan orang, baik pria maupun wanita, pasti tak ingin cepat tua. Sebaliknya, siapa pun tentu mendambakan tampak awet muda meski usia tak lagi muda.

Berbagai cara ditempuh agar tampilan selalu tampak muda. Mulai dari berpakaian ala anak muda, menggunakan krim antipenuaan, hingga melakukan tindakan peremajaan kulit. 

Penuaan memang tidak melulu soal penampilan. Penuaan terjadi pada berbagai organ di dalam tubuh. Namun tanpa disadari, banyak dari kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari justru malah bisa bikin cepat tua. Kebiasaan apa sajakah itu?

1. Malas bergerak

Apakah Anda banyak menghabiskan waktu dengan duduk seharian? Hati-hati jika Anda sering melakukan hal ini karena dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal, penyakit jantung, kanker, dan tentu saja obesitas.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Australia pada 230 ribu partisipan, dilaporkan bahwa mereka yang tidur berlebihan (lebih dari 9 jam setiap hari), duduk terlalu lama (lebih dari 7 jam setiap harinya), dan kurang berolahraga (kurang dari 150 menit per minggu), mengalami peningkatan risiko empat kali lebih tinggi kematian dini akibat berbagai penyakit.

2. Kurang tidur

Kurang tidur tak hanya dapat membentuk lingkaran hitam di bawah mata Anda, tetapi juga bisa mempercepat terjadinya penuaan. Berdasarkan studi yang dilakukan University Hospitals Case Medical Center di Amerika Serikat pada 60 wanita usia 30-49 tahun, para partisipan yang tidur kurang dari 6 jam setiap hari atau yang tidur cukup tapi kualitas tidurnya buruk, mengalami tanda-tanda penuaan dini. Beberapa kondisi yang terjadi seperti, timbulnya kerutan, flek hitam, dan kulit menjadi kendur.

Siapa pun tentu mendambakan tampak awet muda meski usia tak lagi muda. Berbagai cara ditempuh agar tampilan supaya tidak terlihat cepat tua.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News