Mau Berenang dengan Hiu, Datanglah ke Banyuwangi

Mau Berenang dengan Hiu, Datanglah ke Banyuwangi
Pengunjung bercengkerama dengan hiu jinak di Wisata Bangsring Underwater. Rendra Kurnia/Radar Banyuwangi/JPNN.com

jpnn.com - BANYUWANGI – Wisata Bangsring Underwater (Bunder) di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur makin terkenal.

Pengunjung tidak hanya disuguhi pemandangan terumbu karang dasar laut. Yang mengasyikkan, pengunjung bisa melihat ikan hiu yang sudah dijinakkan.

Di tempat wisata yang biasa digunakan snorkeling tersebut, kini dilengkapi lima ekor jenis hiu sirip hitam. Hiu-hiu itu dikurung dalam karamba di samping rumah apung di Pantai Bangsring. Hiu yang berukuran sekitar 30–50 cm itu sengaja ditaruh di karamba.

Para pengunjung yang sedang snorkeling atau singgah di rumah apung tersebut diperbolehkan mendekat ke hiu-hiu jinak itu. Bahkan, banyak para pengunjung yang masuk ke dalam karamba untuk sekadar berenang bersama hiu dan berfoto dengan hiu-hiu itu.

Saat masuk ke dalam karamba, semula koran ini takut kena gigit hiu.Ternyata, kesan hiu seram tersebut sirna setelah masuk ke karamba. Hiu-hiu tersebut malah mendekat. Kadang juga menyundul bagian tubuh. Hiu-hiu itu seolah menyapa kedatangan tamu yang tak diundang.

”Ini pengalaman bagi sayabisa renang dengan hiu. Ternyata di Banyuwangi sudah ada. Seperti yang di Karimun Jawa,” ujar Hendri, salah seorang pengunjung.

Terkadang, hiu itu aktif berputar-putar mencoba menabrak tubuh para pengunjung yang masuk ke karamba. Itu cukup‎ membuat kaget orang yang ditabrak hiu tersebut. Tetapi, para pengunjung yang ditabrak hiu itu tidak perlu risau. Hiu-hiu tersebut tidak akan menggigit. Sebab, sebelum diajak bermain, hiu-hiu itu terlebih dulu diberi makan.

”Kami beri makan ikan ini setiap hari. Umurhiu-hiu itu lima bulanan,” terang Ketua Kelompok Nelayan Samudera Bakti Ikhwan Arief.

BANYUWANGI – Wisata Bangsring Underwater (Bunder) di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur makin terkenal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News