Mau Berhenti Mendengkur, Mulailah Olah Vokal

Mau Berhenti Mendengkur, Mulailah Olah Vokal
Dengkur. Getty Images

jpnn.com - Di samping mengindikasikan memiliki penyakit, mendengkur saat tidur sama sekali tidak enak didengar. Namun ada cara kiat yang bisa menghentikan cara mendengkur.

Para ahli merekomendasikan rajin mengikuti latihan olah vokal bagi yang ingin menghentikan kebiasaan tersebut.

Tentu saja latihan olah vokal tidak ditujukan untuk memperbaiki suara dengkuran. Latihan tersebut dilakukan karena diyakini bisa memperkuat otot-otot di sekitar saluran napas. Akibatnya, saat tidur tidak akan kendur lalu menyempit dan berbunyi saat dilewati udara.

Peneliti, Alise Ojay mendesain sebuah program olah vokal khusus untuk mengatasi dengkuran. Target yang disasar dalam latihan ini adalah menghentikan ngorok dan sleep apnea atau penghentian napas saat tidur yang berisiko memicu berbagai penyakit kronis.

Dalam latihan ini, 30 orang yang tidurnya selalu mendengkur diminta melakukan latihan vokal beberapa menit sehari selama 5 bulan. Hasilnya, dengkuran berkurang secara signifikan dibandingkan 30 orang lainnya yang tidak mengikuti latihan olah vokal.

"Alise mengatakan bahwa sejumlah orang merasakan manfaat dari program latihan olah vokal yang ia desain untuk memperkuat otot tenggorokan," kata seorang konsultan otolaringologi, Dr.Malcolm Hilton seperti dilansir laman Daily Mail, Selasa (20/8).

Temuan lainnya seperti dikatakan Hilton adalah bahwa latihan ini sangat mudah untuk dilakukan. Selain juga karena mudah dan menyenangkan, latihan ini tentu bisa dilakukan oleh siapa saja dan sudah bisa dilihat hasilnya hanya dalam waktu 3 bulan.

"Bagaimanapun, latihan ini tetap harus ditunjang dengan perubahan gaya hidup. Menjadi gemuk, contohnya, merupakan prediktor tunggal dan terbesar pada orang-orang yang tidurnya mendengkur," kata Hilton, yang mempublikasikan temuan ini di Journal of Otolaryngology and Head and Neck Surgery. (fny/jpnn)

Di samping mengindikasikan memiliki penyakit, mendengkur saat tidur sama sekali tidak enak didengar. Namun ada cara kiat yang bisa menghentikan cara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News