JPNN.com

Mau Mesra dengan AS, Castro Ajukan Tiga Syarat

Jumat, 30 Januari 2015 – 05:12 WIB Mau Mesra dengan AS, Castro Ajukan Tiga Syarat - JPNN.com

SAN JOSE - Presiden Kuba Raul Castro menindaklanjuti kesepakatannya dengan Amerika Serikat (AS) untuk memperbaiki hubungan kedua negara.

Rabu waktu setempat (28/1) Raul Castro menyebutkan tiga syarat yang harus Washington penuhi dalam proses normalisasi. Salah satunya adalah mengembalikan Teluk Guantanamo ke pangkuan Kuba.
 
Di hadapan para pemimpin negara Amerika Latin dan Kepulauan Karibia, Castro mengatakan bahwa pengembalian Teluk Guantanamo adalah syarat mutlak yang harus Washington penuhi.

Dia juga mendesak pemerintahan Presiden Barack Obama untuk mencabut embargo dagang yang sudah lima dekade berlaku di Kuba. Syarat terakhir adalah menghapus Kuba dari daftar negara pendukung terorisme.
 
"Kuba dan AS akan segera terhubung lagi secara diplomatik. Tapi, jika syarat-syarat yang kami ajukan tidak dipenuhi, segenap upaya menuju normalisasi sia-sia," ungkap Castro kemarin.

Rencananya, Kuba segera kembali membuka kedutaan besar di Washington. AS pun akan mengaktifkan lagi kantor perwakilannya di Havana.
 
Terkait dengan normalisasi hubungan Kuba dan AS, Fidel pun memberikan restunya.

"Tidak percaya pada kebijakan AS bukan berarti tidak mendukung solusi damai untuk konflik kedua negara. Kami akan selalu mengutamakan kerja sama dan persahabatan dengan semua negara di dunia, termasuk musuh politik kami," tandas tokoh 88 tahun yang mundur dari kursi presiden pada 2008 itu. (AP/AFP/hep/c11/ami)

 

TAGS   kuba

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...