Mau Tahu Penentu Kemenangan Caketum Golkar? Silakan Baca...

Mau Tahu Penentu Kemenangan Caketum Golkar? Silakan Baca...
Pengamat politik dari Indo Barometer M Qodari. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Indo Barometer, M Qodari mengatakan, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie punya posisi yang sangat menentukan untuk memenangkan salah satu calon penggantinya pada musyawarah nasional luar biasa (munaslub) di Bali, 15-17 Mei mendatang. Sebab, Ical -sapaan Aburizal- memang masih punya pengaruh kuat terhadap kader-kader partai berlambang beringin hitam itu.

Menurut Qodari, ada tiga faktor penentu kemenangan calon ketua umum Partai Golkar. Qodari menyebut dukungan Ical merupakan faktor penentu utama.

"Saya melihat variabel pertama adalah dukungan Ical sebagai ketua umum sekarang. Disadari atau tidak, semua DPD atau pemegang hak suara masih loyal terhadapnya," katanya di Jakarta, Senin (9/5).

Faktor kedua adalah arah dukungan pemerintah. Qodari menjelaskan, preferensi pemerintah sedikit banyak akan memberi pengaruh terhadap pemenangan.

Menurut Qodari, sikap pemerintah terhadap calon ketua umum Golkar yang baru nanti akan akan berdampak pada arah dukungan pemilik suara, terutama dari daerah. Hanya saja, katanya, faktor dukungan pemerintah itu tentu sulit dikonfirmasikan.

“Makanya terjadi proses klaim-mengklaim. Nanti tinggal pengurus daerah saja yang harus pintar membaca sinyal, calon mana yang lebih diterima oleh pemerintah," ujarnya.

Sedangkan faktor ketiga adalah kekuatan dari calon ketua umum sendiri. Kader yang lebih senior dan berpengalaman serta memiliki komunikasi yang baik dengan pengurus daerah memiliki peluang lebih besar.

Berdasar pada AD/ART Partai Golkar, untuk menjadi ketua umum minimal mendapat dukungan 30 persen suara. Qodari memprediksi dari delapan orang calon akan keluar dua atau tiga orang dengan suara terbanyak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News