May Day, Mas AHY Pengin Buruh Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

May Day, Mas AHY Pengin Buruh Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengucapkan selamat Hari Buruh atau May Day untuk seluruh pekerja di Indonesia.

Melalui akun @AgusYudhoyono di Twitter, mantan tentara yang kini memimpin partai politik itu mengaku mencermati maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) di tengah wabah COVID-19 dan isu-isu lain soal ketenagakerjaan.

AHY dalam twitnya menyitat data dari salah satu media nasional tentang sekitar 2,8 juta pekerja yang terkena PHK ataupun dirumahkan akibat pandemi COVID-19. Menurut dia, angka itu berdasar data per 13 April 2020.

"Hampir 2,8 juta pekerja formal dan informal yang dirumahkan dan di-PHK. Belum lagi pekerja yang bulan ini tak lagi menerima penghasilan, atau berkurang karena kondisi krisis perusahaan," ujar AHY melalui akun @AgusYudhoyono di Twitter, Jumat (1/5).

Politikus muda kelahiran 10 Agustus 1978 itu menambahkan, permasalahan terkait ketenagakerjaan sudah ada sebelum pandemi COVID-19. Karena itu AHY mendorong pemerintah mengalokasikan dana program Kartu Prakerja untuk membantu buruh.

"Perlu mencermati kembali relevansi Kartu Prakerja sebesar Rp 5,6 triliun. Kami mendorong dana tersebut dialokasikan untuk bantuan langsung pada para buruh dan pekerja yang terdampak," ujarnya.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengucapkan selamat Hari Buruh atau May Day untuk seluruh pekerja di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News