Mayjen Tugas Pastikan Wisma Atlet Masih Bisa Tampung Pasien Covid-19

Mayjen Tugas Pastikan Wisma Atlet Masih Bisa Tampung Pasien Covid-19
Mayjen Tugas Ratmono selaku koordinator RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Foto: Covid19.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Mayjen TNI Tugas Ratmono memastikan RSD masih bisa menampung pasien Covid-19, meski jumlahnya terus meningkat.

“Untuk hunian di RSD Wisma Atlet saat ini 57,44 persen. Lalu tingkat hunian untuk isolasi mandiri 52,7 persen. Jadi, masih cukup lebih dari 40 persen,” ujar Tugas dalam acara bincang-bincang Satgas Covid-19 yang disiarkan di Youtube BNPB Indonesia, Senin (7/12).

Pria yang juga menjabat sebagai Kapuskes TNI ini menuturkan, per Senin pagi pukul 06.00 WIB, pasien dengan gejala ringan dan sedang yang dirawat mencapai 2.041 orang.

Kemudian, untuk yang melakukan isolasi mandiri mencapai 825 orang.

Tugas mengakui konfirmasi kasus positif harian mencapai angka 8.000 lebih, pasien yang masuk RSD Covid-19 bisa mencapai 400-an orang per hari.

"Saat itu memang perlu tenaga ekstra untuk menangani pasien yang datang maupun yang sedang dirawat," kata dia.

Berkaitan dengan konfirmasi kasus positif yang terus bertambah, Tugas menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, seperti  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menyediakan beberapa hotel dan wisma untuk melakukan isolasi mandiri.

"Saat ini juga ada petugas dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta di Rumah Sakit Darurat Covid-19 sehingga lebih mudah berkoordinasi dan memantau hunian masing-masing wisma, hotel, dan ketersediaan di Wisma Atlet," tuturnya.

Beberapa hari terakhir ini kasus positif Covid-19 mengalami lonjakan cukup tajam, tetapi RSD Covid-19 Wisma Atlet memastikan masih bisa menampung pasien baik yang gejala ringan atau isolasi mandiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News