Mayoritas Nahdiyin Jatim Pilih Prabowo Subianto pada Pilpres 2024

Mayoritas Nahdiyin Jatim Pilih Prabowo Subianto pada Pilpres 2024
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Sirajt menyatakan kalangan nahdiyin di Jawa Timur (Jatim) memilih Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang.

Hal tersebut merujuk pada hasil survei yang telah dilakukan ARCI periode 4-15 Juli 2023.

“Faktor besar lain dari temuan kami adalah pemilih Nahdliyin yang sangat besar di Jatim cenderung memilih Prabowo dibanding dua nama lain,” kata Baihaki dalam siaran persnya, Rabu (19/7).

Dalam hasil survei yang melibatkan 1.250 responden tersebut, Prabowo berhasil mendapatkan suara mayoritas dari warga Nahdlatul Ulama (NU). Menteri Pertahanan itu mendapatkan dukungan sebanyak 32,06 persen.

Kemudian, sebanyak 30,01 persen kalangan nahdiyin lainnya memilih Ganjar Pranowo. Lalu, Anies Baswedan hanya mampu meraup 17,4 persen suara dari kalangan Nahdliyin.

Tak cukup sampai di situ, selain mendapatkan dukungan dari kalangan nahdiyin di Jatim, elektabilitas Prabowo juga makin meningkat belakangan ini.

Hal itu menurutnya tidak lain karena adanya isu Presiden Jokowi mendukung Prabowo untuk menjadi Presiden Indonesia berikutnya.

“Ada faktor itu (endorse Jokowi),” ungkap Baihaki.

Hasil survei dari Accurate Research and Consulting Indonesia menunjukkan kalangan nahdiyin di Jatim mayoritas mendukung Prabowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News