Mayoritas Ortu di AS Awasi Aktivitas Anak di Facebook

Mayoritas Ortu di AS Awasi Aktivitas Anak di Facebook
Mayoritas Ortu di AS Awasi Aktivitas Anak di Facebook

jpnn.com - SEBUAH survei yang dilakukan oleh Annenberg Centre for the Digital Future di University of Southern California menunjukkan 70 persen orang tua di Amerika Serikat mengawasi akun Facebook milik anak-anak mereka. Dari penelitian itu diketahui bahwa orang tua berada dalam posisi dilematis, antara percaya sepenuhnya anak-anak mereka menggunakan media sosial, atau tetap mengawasinya secara ketat.

"Sebenarnya, ini merupakan suatu dilema bagi setiap orangtua untuk mengetahui kapan harus mempercayai anak-anak mereka terkait dengan koneksi jaringan sosial yang mereka miliki," kata Jeffrey Cole, Direktur Annenberg Center seperti dilansir laman news.com.au, Senin (9/9).

Sedangkan 30 persen responden mengatakan bahwa mereka membiarkan anak-anak mereka mengelola sendiri kegiatan di media sosial mereka. Pertimbangannya, karena mengawasi akun Facebook milik anak mereka akan menunjukkan kurangnya kepercayaan.

Sementara 9 persen dari orang tua yang mengizinkan anak-anaknya menggunakan Facebook, mengaku tidak tahu cara menggunakan media sosial. Di samping itu, ada 7 persen orang tua yang mengaku tak punya waktu untuk urusan seperti itu.

Temuan ini merupakan bagian dari program Digital Future Project, suatu studi yang meneliti hubungan antara perilaku pengguna internet dan non-pengguna internet. Dalam lima tahun terakhir ini teknologi berkembang begitu pesat yang tidak pernah ditemui pada generasi sebelumnya.

"Bagaimana orang tua menghadapi anak-anak mereka menggunakan media sosial seperti Facebook hanya mewakili satu aspek dari masalah ini," kata Cole lebih lanjut.(fny/jpnn)


SEBUAH survei yang dilakukan oleh Annenberg Centre for the Digital Future di University of Southern California menunjukkan 70 persen orang tua di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News