Mbah Gendon Dikenal sebagai Ulama Sakti, Diyakini Masih Hidup

Mbah Gendon Dikenal sebagai Ulama Sakti, Diyakini Masih Hidup
Makam Wali Mbah Gendon yang terdapat di Dukuh Kauman Desa Kesesi Kecamatan Kesesi banyak dikunjungi peziara dari luar kota. Foto: TRIYONO/RADAR PEKALONGAN

jpnn.com - Mohammad Arshal atau Wali Gendon dikenal sebagai salah satu sosok ulama asal Kabupaten Pekalongan, Jateng, yang dikenal sakti pada zaman dahulu.

Ulama yang lebih dikenal sebagai Mbah Gendon tersebut dikenal sakti karena tirakatnya yang luar biasa. Seperti apa?

Triyono, Kesesi

Makam Wali Mbah Gendon yang terletak di Desa/Kecamatan Kesesi pada Ramadan 1438 Hijriyah ini dikunjungi banyak peziarah. Di sana, para pengunjung juga khataman Quran.

Mbah Gendon yang diperkirakan hidup pada sekitar tahun 1868-1960 merupakananak pasangan Tarab dan Takumi. Ia lahir di Desa Kesesi Kecamatan Kesesi, Pekalongan. Mbah Gendon merupakan anak satu-satunya.

Sejak kecil Mohammad Arshal dikenal sebagai sosok yang pendiam, mengalah dan pemaaf. Kedua orang tuanya juga mendidik Mbah Gendon dengan cara sederhana dan mandiri. Adapun sehari-hari menggembala ternak milik orang lain.

Sampai remaja dan dewasa pun sifatnya tidak berubah. Bahkan malah semakin menjauhi duniawi.

Sampai pada akhirnya, kedua orang tua Mohmmad Arshal mengenalkannya kepada seorang perempuan sebagai pendamping hidupnya.

Mohammad Arshal atau Wali Gendon dikenal sebagai salah satu sosok ulama asal Kabupaten Pekalongan, Jateng, yang dikenal sakti pada zaman dahulu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News