Mbak Puan Ingatkan Pemerintah Pentingnya Mengurangi Dampak Bencana

Mbak Puan Ingatkan Pemerintah Pentingnya Mengurangi Dampak Bencana
Puan Maharani saata berpidato di GPDRR ke-7 di Bali. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pentingnya mitigasi buat Indonesia.

Menurut data World Bank, Indonesia menempati peringkat ke-12 dari 35 negara yang paling rawan bencana. Lebih dari 40 persen penduduk Indonesia terancam risiko tersebut.

"Mitigasi bencana sangat penting untuk keselamatan seluruh warga. Ada bencana yang tak bisa dihindari seperti gempa bumi, tetapi dengan mitigasi bencana yang maksimal, dampaknya bisa ditekan," kata Puan, Sabtu (28/5).

Puan mengatakan secara geografis Indonesia negara kepulauan yang terletak di pertemuan empat lempeng tektonik, yaitu Eurasia, Benua Indo-Australia, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik.

Indonesia juga terletak di zona Ring of Fire, terdapat banyak gunung api aktif. Aspek geografis itu menyebabkan Indonesia rawan bencana gempa bumi dan tsunami.

"Namun, hal ini bisa dimitigasi, misalnya dengan memperbanyak alat deteksi tsunami di wilayah-wilayah rawan. Selain itu, mitigasi dengan memberi sosialisasi kepada warga terkait apa yang harus dilakukan saat gempa bumi juga bisa memberi dampak besar," kata Puan.

Selain bencana geologi, bahaya lain yang mengintai Indonesia adalah bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, dan kekeringan.

Bencana hidrometeorologi ini disebabkan oleh dua faktor, yakni alam dan ulah manusia.

Mbak Puan juga memastikan DPR RI terus berupaya membantu pemerintah dalam mitigasi bencana alam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News