Mbak Puan Ingin Atlet PON 2016 Catat Rekor Nasional dan Internasional

Mbak Puan Ingin Atlet PON 2016 Catat Rekor Nasional dan Internasional
Menko PMK Puan Maharani menyerahkan obor Api PON, sebelum dikirab keliling Jawa Barat. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - INDRAMAYU - Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat sudah di depan mata. Ajang multicabang olahraga itu akan digeber mulai 17 hingga 29 September nanti.

Menurut Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, PON 2016 dan juga Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke XV yang digelar 15-24 Oktober, harus menjadi ajang pencarian atlet berprestasi dari seluruh Indonesia.
 
"PON harus menjadi pemacu bagi semua atlet. Kita masih butuh banyak atlet berprestasi untuk membawa nama bangsa dan negara di ajang internasional,” tegas Puan saat memimpin Upacara Pengambilan Api PON dan Peparnas di Lapangan Pendopo Kabupaten Indramayu, Senin (6/9).

Mbak Puan menjelaskan, di tahun 2018, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games dan di sanalah atlet peserta PON XIX diharapkan mampu lebih unjuk gigi memberikan prestasi. "Kita harus buktikan mental juara di Asian Games, sebelum ke ajang Olimpiade 2020 nanti,” katanya.

Puan Maharani juga mengatakan, PON dan Peparnas merupakan baromater mengukur keberhasilan daerah dalam pembinaan olahraga yang dipertandingkan secara nasional. 
 
“Semoga dalam kegiatan nasional ini akan muncul atlet-atlet berpotensi yang mampu mengukir rekor-rekor baru di berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan. Tidak hanya rekor nasional, namun juga rekor internasional di tingkat kawasan ASEAN dan Asia bahkan dunia,” tutur Puan.

Menurutnya, Indonesia yang maju tidak sebatas pada kemajuan di bidang ekonomi, teknologi, kebudayaan, politik dan pertahanan, tetapi juga di bidang olahraga. Kemajuan Indonesia di bidang olahraga, juga akan menunjukan tingkat kemajuan bangsa dalam membangun jiwa, badan, dan semangat sportivitas yang sehat. 
 
“Olahraga bukan hanya sekadar perlombaan dan pertandingan. Semangat menang di dalam olahraga, adalah juga menunjukan semangat untuk menang atas kedisiplinan, menang atas ketekunan, menang atas tanggung jawab, menang menjadi sportif, menang dalam bekerja sama tim, dan menang untuk tidak menyerah,” katanya. 
 
Puan pun meminta semua pihak untuk bergotong-royong menyukseskan dan memeriahkan PON XIX dan Peparnas XV tersebut. "Kedua event ini merupakan momentum penting, salah satu tonggak pembangunan manusia Indonesia yang berkarakter pemenang," tandas Puan. (adk/jpnn)


INDRAMAYU - Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat sudah di depan mata. Ajang multicabang olahraga itu akan digeber mulai 17 hingga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News