Mbak Rerie: Jadikan Nilai Moral yang Ditanamkan Pramuka Bekal Hadapi Tantangan Bernegara

Mbak Rerie: Jadikan Nilai Moral yang Ditanamkan Pramuka Bekal Hadapi Tantangan Bernegara
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat hadir secara daring dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di depan para pengurus dan anggota Gerakan Pramuka di Kwartir Cabang Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (6/12). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, MAKASSAR - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan perpaduan nilai kepramukaan yang bersumber dari nilai empat konsensus kebangsaan harus menjadi pendorong generasi muda untuk terus bertumbuh dan berkembang menghadapi setiap tantangan berbangsa dan bernegara.

Hal itu disampaikan Lestari Moerdijat secara daring dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di depan para pengurus dan anggota Gerakan Pramuka di Kwartir Cabang Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (6/12).

"Setiap butir Trisatya yang merupakan janji Pramuka dan Dasa Dharma Pramuka yang mengandung nilai-nilai kebangsaan harus menjadi panduan kehidupan bermasyarakat dari para pemuda dalam menjawab berbagai tantangan dalam berbangsa dan bernegara," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulis, Rabu (6/12).

Menurut Lestari, Pramuka memiliki nilai-nilai dasar Dasa Dharma yang menyatukan seperti ketakwaan, cinta alam dan kasih sayang, patriot dan ksatria, patuh dan suka bermusyawarah, rela menolong dan tabah, rajin, terampil dan gembira.

"Ketakwaan merepresentasi relasi manusia dengan Tuhan YME, kasih sayang menunjukkan keutuhan relasi antar-manusia sekaligus model kemanusiaan yang ditunjang prinsip adil dan adab," ujar Rerie yang akrab disapa.

Sementara itu, lanjut Rerie, patuh dan suka bermusyawarah mendeskripsikan model kehidupan sosial yang mengedepankan dialog.

Menurut Rerie, pada akhirnya kerelaan, ketabahan, keterampilan dan kegembiraan adalah muara yang diharapkan untuk memajukan suatu kelompok.

"Keseluruhan proses kehidupan menjadi bermakna karena ruang-ruang sosial menghadirkan jiwa yang muda, jiwa yang mengedepankan nilai kebangsaan dan kebudayaan," ujar Anggota Komisi X DPR itu.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat berharap generasi muda menjadikan nilai-nilai moral yang ditanamkan Pramuka menjadi bekal menghadapi tantangan bernegara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News