Mbak Rerie: Kasus Covid-19 Meroket, Tolong Jangan Saling Menyalahkan

Mbak Rerie: Kasus Covid-19 Meroket, Tolong Jangan Saling Menyalahkan
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. (Dok. Pribadi)

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan lonjakan kasus baru Covid-19 yang terus meroket hendaknya dijadikan peringatan bagi semua pihak untuk meningkatkan koordinasi, kerja sama, dan saling mendukung dalam berbagai langkah dan upaya penanggulangan pandemi.

"Ini peringatan bagi kita semua agar bekerja lebih keras, saling mendukung, dan tidak terjebak pada polemik saling menyalahkan karena akan melemahkan kita dalam menghadapi tingkat penularan virus korona yang kian meroket," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (15/7).

Dia mengutip data Satgas Covid-19 pada Rabu (14/7), jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 mencapai 54.517 orang, hasil pemeriksaan 240.724 spesimen. Dengan demikian, total yang terkonfirmasi positif covid-19 hingga saat ini sebanyak 2.670.046.

Menurut politikus Partai NasDem yang akrab disapa dengan panggilan Rerie itu, penambahan kasus baru dalam jumlah signifikan di tengah PPKM Darurat di Jawa-Bali merupakan masukan bagi pemerintah, Satgas Covid-19, dan aparat keamanan untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kebijakan tersebut.

"PPKM Darurat bertujuan untuk menekan laju penularan covid-19 di tanah air, tetapi bila tingkat penularannya malah meningkat tajam, tentu perlu dievaluasi secara cermat dan menyeluruh agar penerapan PPKM Darurat ke depan lebih efektif," ujar Rerie.

Dia juga menyatakan sebelum memutuskan perpanjangan PPKM Darurat, sebaiknya pihak-pihak terkait terlebih dahulu mengevaluasi dan menganalisis dengan didukung data-data yang akurat, mengapa penularan virus korona justru meningkat pada saat penerapan PPKM darurat.

"Sejauh ini, klaster keluarga menjadi 'penyumbang' terbesar peningkatan kasus positif Covid-19 di Indonesia. Harus dicari tahu mengapa hal itu terjadi dan bagaimana upaya pencegahannya," tutur anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem itu.

Lebih lanjut, anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengatakan efektivitas penerapan PPKM Darurat sangat ditentukan oleh tingkat kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) dan mematuhi setiap pembatasan dan larangan aktivitas yang ditetapkan oleh pemerintah.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta pemerintah mengevaluasi kebijakan PPKM Darurat sebelum melakukan perpanjangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News