Mbak Rerie: Pelestarian Wisata Borobudur Harus Sejalan dengan Pengembangan Pariwisata

Mbak Rerie: Pelestarian Wisata Borobudur Harus Sejalan dengan Pengembangan Pariwisata
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat menekankan pelestarian Candi Borobudur harus sejalan dengan upaya pengembangan pariwisata. Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat menekankan pelestarian Candi Borobudur harus sejalan dengan upaya pengembangan pariwisata di kawasan sekitarnya.

Dia menyebutkan keterlibatan aktif para pemangku kepentingan sangat dibutuhkan untuk mewujudkannya.

"Upaya pelestarian harus bisa sejalan dengan langkah pengembangan pariwisata di kawasan sekitar Candi Borobudur," kata Lestari Moerdijat saat beraudiensi dengan para pelaku pariwisata dan kepala desa di kawasan sekitar Candi Borobudur, di Balkondes Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (24/6).

Para pelaku usaha dan kepala desa yang tergabung dalam Masyarakat Saujana Borobudur itu menyampaikan berbagai kendala yang dihadapi akibat kebijakan pembatasan wisatawan yang berkunjung ke Borobudur.

Para pelaku usaha yang tersebar di 20 desa sekitar Borobudur itu merasa tidak dilibatkan dalam proses pembuatan kebijakan pembatasan pengunjung tersebut.

Sehingga pembuat kebijakan terkesan abai terhadap dampak dari kebijakan yang dibuatnya.

"Karena itu, para pengusaha di sekitar Borobudur meminta para pemangku kebijakan merevisi sejumlah peraturan pembatasan kunjungan tersebut dengan proses yang lebih transparan," ungkap Lestari.

Dalam audiensi itu terungkap pula masalah tumpang tindihnya pengelolaan Borobudur yang melibatkan banyak instansi, kementerian dan lembaga.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat menekankan pelestarian Candi Borobudur harus sejalan dengan upaya pengembangan pariwisata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News