Mbak Rerie Sebut Penguatan Sektor UMKM Bisa Cegah Kemiskinan di Sejumlah Daerah

Mbak Rerie Sebut Penguatan Sektor UMKM Bisa Cegah Kemiskinan di Sejumlah Daerah
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendorong pemerataan keseteraan masyarakat melalui pengembangan dan penguatan sektor UMKM. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendorong pemerataan keseteraan masyarakat melalui pengembangan dan penguatan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di tanah air.

"Peluang pemerataan kesejahteraan masyarakat sangat terbuka melalui berbagai langkah pengembangan sektor UMKM dalam rangka pengentasan kemiskinan di sejumlah daerah," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/6).

Data BPS September 2022 menunjukkan, angka kemiskinan di Indonesia tercatat 9,57%.

Kemudian, angka kemiskinan ekstrem di Indonesia sebesar 1,74%. Di sisi lain, ada sejumlah anak bangsa yang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia.

Menurut Lestari, fakta tersebut harus membuka mata bahwa banyak potensi di negeri ini yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan adalah bagaimana sumber-sumber kesejahteraan itu bisa merata, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan," ujar Rerie sapaan akrab Lestari.

Sektor UMKM, menurut Rerie bisa dimanfaatkan menjadi 'jembatan' bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.

Saat ini pemerintah sedang berupaya mendorong UMKM untuk masuk ke ekosistem digital, sebagai bagian dari langkah pengembangan dan penguatan ekonomi masyarakat.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendorong pemerataan keseteraan masyarakat melalui pengembangan dan penguatan sektor UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News