Mbak Rerie: Tantangan Semakin Berat, Perlu Kebersamaan untuk Melawan Covid-19

Mbak Rerie: Tantangan Semakin Berat, Perlu Kebersamaan untuk Melawan Covid-19
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan tantangan berat yang dihadapi para pemangku kepentingan di pusat dan daerah dalam menghadapi ganasnya penularan virus Corona, membutuhkan dukungan penuh dari seluruh masyarakat.

Menurut Lestari, pandemi Covid-19 harus dihadapi dengan semangat kebersamaan setiap anak bangsa dalam menjalankan kebijakan pengendalian Covid-19 yang diterapkan pemerintah.

"Hanya dengan semangat kebersamaan sebagai sesama anak bangsa, kita akan mampu membebaskan ibu pertiwi dari hantaman virus Corona," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (1/8).

Dia mengatakan sejumlah strategi sudah coba diterapkan pemerintah dengan berbagai nama, mulai PSBB, PPKM mikro, PPKM Darurat hingga PPKM Level 1-4 yang saat ini pada fase perpanjangan hingga 2 Agustus 2021 dengan tujuan membatasi mobilitas masyarakat.

Namun, kata Rerie -sapaan Lestari-, kebijakan itu belum mampu mengendalikan penyebaran virus Corona lantaran dalam menjalankannya belum terbentuk komitmen kebersamaan yang kuat antara masyarakat dan para pemangku kepentingan di pusat dan daerah.

Rerie mengaku ada sejumlah kota yang mampu menekan jumlah kasus positif Covid-19, tetapi lebih banyak wilayah yang belum mampu menahan laju pertambahan kasus tersebut.

Politikus NasDem itu sangat menyayangkan pertambahan kasus positif harian tertinggi sejauh ini tercatat pada Kamis (15/7) sebanyak 56.757 kasus, justru terjadi pada saat kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat ditetapkan.

Demikian juga dengan tingkat kematian akibat Covid-19 tertinggi terjadi pada Selasa (27/7) yang tercatat 2.069 orang meninggal dunia.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan agar pandemi Covid-19 segera dilalui.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News