Sabtu, 25 Mei 2019 – 05:59 WIB

Megawati Ikut Panen Raya Padi MSP di Indramayu

Kamis, 04 April 2019 – 19:59 WIB
Megawati Ikut Panen Raya Padi MSP di Indramayu - JPNN.COM

jpnn.com, INDRAMAYU - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menghadiri acara panen raya dan penanaman bibit padi di Desa Majakerta, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis (4/4). Begitu tiba di lokasi acara, Megawati yang didampingi Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman langsung disambut antusias oleh ratusan petani dan kader PDI Perjuangan.

Presiden Kelima RI itu tak hanya akan memanen padi. Sebab, Megawati juga akan menanam bibit padi bernama Mari Sejahterakan Petani (MSP) yang dikembangkan oleh kader PDI Perjuangan bernama Surono Danu.

Menurut Surono, semula dirinya hendak menamai bibit padi itu Megawati Soekarnoputri. Namun, dengan alasan mau mengangkat kesejahteraan petani, Surono urung menggunakan nama Megawati dan memilih istilah Mari Sejahterakan Petani.

"Padi ini sudah ada dari Aceh sampai Papua," katanya. Baca juga: Bu Mega Beber Cerita Pernah Ditawati Masuk Golkar di Era Orba

Surono menjelaskan, khusus Indramayu saja ada 4 ribu hektare sawah yang menggunakan padi MSP. Adapun wilayah pengguna benih MSP terbanyak adalah Kalimantan Tengah yang mencapai 100 ribu hektare.

Karena itu Surono juga mengharapkan Kementerian Pertanian aktif menyejahterakan para petani yang tergolong kaum marhaen. Sebab, kementerian pimpinan Amran Sulaiman itu merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam mengangkat kedaulatan negara di bidang pangan.

Pada kesempatan sama Megawati mengaku sudah mengenal Surono sejak 1960. Dari Surono pula Megawati mengetahui bahwa Indonesia punya banyak jenis padi.

"Beliau dari Lampung dan mengatakan kepada saya sebetulnya jenis padi banyak sekali macamnya, tetapi yang menjadi kesulitan adalah justru badan penelitian padi-padian adanya di Subang," kata Megawati.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar