Megawati: Pemimpin Itu Mesti Dilihat Lahir Batin, Jangan Fisik

Megawati: Pemimpin Itu Mesti Dilihat Lahir Batin, Jangan Fisik
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri pada puncak peringatan Bulan Bung Karno yang diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (24/6). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengajak seluruh masyarakat untuk memilih pemimpin yang memiliki kekuatan lahir dan batin. Bagi Megawati, dalam memilih pemimpin harus lengkap kriterianya, jangan terlena dengan tampilan fisik.

Hal tersebut dikatakan Megawati pada puncak peringatan Bulan Bung Karno yang diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (24/6).

"Kalau pemimpin itu sebenarnya mesti dilihat lahir batin, jangan fisik saja," kata Megawati.

Menurut Megawati, menjadi seorang pemimpin harus juga berpengalaman. Dan yang paling penting lagi adalah pemimpin yang mengakar ke bawah.

Sejumlah syarat jika seseorang menjadi pemimpin, terlebih memimpin republik ini, bisa dilihat dari rekam jejaknya.

"Diperlukan pemimpin yang berpengalaman, baik di lembaga legislatif maupun eksekutif. Kepemimpinan yang visioner arif, bijaksana dan memiliki rekam jejak prestasi yang baik, serta mengakar. Ini yang paling penting, mengakar kepada akar rumput," sambung Megawati.

Presiden Kelima RI itu menyampaikan pesta demokrasi yang menghendaki rakyat berdualat dalam memilih, rakyat juga harus diedukasi.

Memilih presiden maupun wakil rakyat atau parlemen dari dalam bilik suara sebetulnya tidak kurang lima menit di TPS. Namun, dampaknya amat menentukan untuk lima tahun ke depan.

Bagi Megawati, dalam memilih pemimpin harus lengkap kriterianya, jangan terlena dengan tampilan fisik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News