Megawati Soekarnoputri Beri Peringatan Buat Pimpinan Dewan

Megawati Soekarnoputri Beri Peringatan Buat Pimpinan Dewan
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (dua kanan) menghadiri sekaligus membuka Sekolah Partai Pimpinan Legislatif gelombang I PDIP di Kinasih Resort, Depok, Jawa Barat, Jumat (22/11). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, DEPOK - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan kadernya yang duduk sebagai pimpinan dewan untuk selalu turun ke rakyat dan tahu tugas serta kewajiban yang harus dilaksanakan.

Hal itu disampaikan Megawati saat membuka Sekolah Pimpinan Dewan tingkat provinsi dan kabupaten atau kota se-Indonesia Gelombang I di Wisma Kinasih, Depok, Jumat (22/11).

Megawati memulai pernyataannya saat pembukaan dengan menceritakan keputusan partai melaksanakan kongres dipercepat pada Agustus lalu. Menurutnya, keputusan itu tepat karena partai sudah siap ketika pemerintahan baru akan dibentuk. Siapa yang akan bertugas di legislatif, siapa yang di eksekutif, serta program yang akan dilaksanakan sudah jelas.

Menyangkut para pimpinan dewan itu, Megawati lalu meminta pimpinan yang baru menjabat untuk memperkenalkan diri. Termasuk yang sudah dua periode, tiga, hingga lima periode.

Dari situ, Megawati lalu mengingatkan ada dua cara untuk tetap bisa menjadi anggota legislatif. Yang pertama adalah turun ke bawah mengorganisasi rakyat. Cara kedua juga turun ke bawah, tetapi membawa uang.

PDI Perjuangan, kata Megawati, memilih cara yang pertama, yakni turun ke bawah mengorganisasi rakyat tanpa menggunakan politik uang.

"Saya sudah berkali-kali mengatakan. Kalau kalian ingin tetap menjadi anggota legislatif, maka yang harus dipilih ialah turun ke bawah mendatangi rakyat," ujar Megawati.

Presiden Kelima RI ini meminta para pimpinan dewan yang mengikuti sekolah itu benar-benar mengingat dan melaksanakan resep tersebut. "Makanya kami laksanakan sekolah partai ini, supaya tahu tugas dan kewajiban, mana yang boleh, mana yang tidak," tukasnya.

Megawati Soekarnoputri memberi dua resep untuk tetap bisa menjadi anggota legislatif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News