Megawati: Teknologi Hanya Alat Bantu, Tetapi Alam Ini Pemberian Allah SWT

Megawati: Teknologi Hanya Alat Bantu, Tetapi Alam Ini Pemberian Allah SWT
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri di sela-sela acara penanaman pohon Magnolia di Megawati Soekarnoputri Garden, yang terletak di area dekat Hotel WE Jeju, Seogwipo, Provinsi Jeju, Korea Selatan, Rabu (14/9). Foto: Tim Dokumentasi Megawati

jpnn.com, JEJU - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri mengatakan teknologi hanya alat bagi manusia untuk mencapai tujuan, sedangkan alam meruapakan pemberian Allah SWT yang harus dijaga.

Megawati menilai modernisasi di segala bidang boleh saja dilakukan. Namun jangan sampai melupakan pentingnya memelihara lingkungan hidup dan alam raya.

“Saya memang sangat merasakan akibat yang disebut katanya modernisasi, orang sepertinya mulai lupa bahwa hidup di alam, mencintai alam itu, sebenarnya sebuah keharusan. Karena teknologi itu hanya sebuah alat bantu. Tetapi kalau alam ini, kan, juga pemberian Allah SWT,” kata dia di sela-sela penanaman pohon di Megawati Garden Jeju, Korea Selatan, Rabu (14/9).

Megawati prihatin atas kurangnya perhatian terhadap lingkungan, sampai ada konferensi dunia urusan karbon dioksida,. Bahkan ada juga hitung-hitungan seperti ‘utang karbon’.

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional itu mengatakan manusia kerap lupa bahwa untuk hidup, makhluk perlu oksigen. Sementara oksigen dan udara bersih, merupakan timbal balik dari lingkungan hidup yang sehat.

Menurut perempuan kelahiran Yogyakarta itu, kerap kali manusia lupa bahwa pembangunan dan modernisasi, harus disertai penanaman ulang dan pemeliharaan lingkungan hidup.

“Karena saya sangat yakin, semua yang ada di dunia ini, kan, disebut makhluk Allah, ya. Jadi, itu bukan berarti kita manusia saja, tetapi juga semua tanaman, binatang, dan lain sebagainya yang sebenarnya adalah bagian dari sebuah mata rantai kehidupan,” ujar Megawati.

Putri Proklamator RI Bung Karno itu menerangkan dirinya juga aktif mendorong dibangunnya kebun-kebun raya di seluruh Indonesia.

Megawati menilai modernisasi di segala bidang boleh saja dilakukan, tetapi jangan sampai melupakan pentingnya memelihara lingkungan hidup.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News