Meksiko Kena Denda Rp 146 Juta Gara-Gara Ejek Kiper Jerman

Meksiko Kena Denda Rp 146 Juta Gara-Gara Ejek Kiper Jerman
Fan Meksiko di Luzhniki Stadium, Moscow. Foto: Reuters

jpnn.com, MOSCOW - FIFA mendenda federasi sepak bola Meksiko sebesar USD 10.400 atau sekiar Rp 146 juta karena nyanyian diskriminatif dan penghinaan dari fan Negeri Sombrero dalam laga melawan Jerman di matchday 1 Grup F Piala Dunia 2018, Minggu (17/6) kemarin.

Nyanyian tersebut diarahkan ke kiper Jerman Manuel Neuer. “Keputusan itu disahkan setelah penilaian menyeluruh dari laporan pertandingan yang relevan, preseden FMF (PSSI-nya Meksiko) dan bukti yang diberikan. Bukti termasuk rekaman video dari insiden," bunyi pernyataan FIFA yang dilansir RT.

Chant dan fan Meksiko itu termasuk teriakan 'puto', sebutan atau cacian untuk homoseksual.

Buat federasi sepak bola Meksiko, denda seperti ini bukan barang baru. Selama kualifikasi Piala Dunia 2018, El Tri, julukan Meksiko, dilaporkan mendapat denda lebih dari 12 kali. Jadi, jangan heran jika fan masih menyanyikan hal yang sama dan federasi kembali mendapat denda.

"Komite Disiplin memberi peringatan kepada FMF, yang mungkin menghadapi sanksi tambahan dalam kasus pelanggaran berulang dari jenis ini," kata FIFA. (adk/jpnn)

 


FIFA memiliki bukti rekaman video kasus penghinaan yang dilakukan fan Meksiko kepada kiper Jerman Manuel Neuer di laga perdana Grup F Piala Dunia 2018.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News