Melalui Lokakarya Kelana Indonesiana, Kemendikbudristek Ajak Generasi Muda Eksplorasi Budaya

Melalui Lokakarya Kelana Indonesiana, Kemendikbudristek Ajak Generasi Muda Eksplorasi Budaya
Kemendikbudristek mengajak generasi muda eksplorasi budaya lewat lokakarya Kelana Indonesiana. Foto: dok. Kemendikbudristek

jpnn.com, SERANG - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Media Kebudayaan (BMK) mengajak generasi muda di seluruh Indonesia untuk mengeksplorasi budaya melalui kegiatan lokakarya “Kelana Indonesiana”.

Bekerja sama dengan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VIII, Kelana Indonesiana pertama digelar di Kota Serang, Banten, pada Selasa (15/8).

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid menuturkan upaya untuk mengenalkan budaya lokal sebagai sumber inspirasi sangatlah penting bagi generasi muda yang merupakan agen pemajuan budaya bangsa Indonesia di masa depan.

“Pendidikan tidak hanya terjadi di dalam kelas, tetapi juga melalui pengalaman dan eksplorasi di ruang-ruang lainnya,” ujar Hilmar.

Tema yang diangkat pada Kelana Indonesiana ini adalah "Budaya, Inspirasi, dan Eksplorasi," yang juga merupakan ajang sosialisasi Indonesiana.TV kepada generasi muda kreator.

Indonesiana.TV ialah platform media digital yang berfokus pada produksi, penyiaran, dan pustaka konten untuk memperkenalkan berbagai aspek budaya Indonesia.

“Dengan medium video dan konten digital lainnya, platform ini bertujuan membangkitkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap budaya lokal, serta menginspirasi generasi muda untuk menjelajahi warisan budaya mereka sendiri,” tutur Dirjen Hilmar.

Dirjen Hilmar mengatakan lokakarya Kelana Indonesiana bertujuan untuk memperkenalkan peserta didik pada potensi kreativitas yang bisa dihasilkan melalui penjelajahan budaya lokal.

Kemendikbudristek mengajak generasi muda eksplorasi budaya lewat lokakarya Kelana Indonesiana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News