Melbourne Mencatat Angka Penularan COVID Tertinggi, Layanan Kesehatan Kewalahan

Melbourne Mencatat Angka Penularan COVID Tertinggi, Layanan Kesehatan Kewalahan
Serikat pekerja ambulans di Australia mengatakan para pekerja sudah mengalami kelelahan selama pandemi COVID-19. (ABC News: Michael Barnett)

Layanan panggilan gawat darurat 000 di negara bagian Victoria kewalahan dengan telepon yang masuk karena meningkatnya jumlah penularan COVID-19.

Jumlah panggilan hampir sama ketika Melbourne mengalami badai asma di tahun 2016 yang juga membuat sistem layanan kewalahan.

Otoritas Telekomunikasi Layanan Darurat (ESTA) mengatakan mereka menerima 3.250 panggilan yang meminta bantuan hari Senin kemarin (27/09/2021).

"Kami mengamati jumlah panggilan yang banyak dan belum pernah terjadi sebelumnya," kata Marty Smith, kepala eksekutif ESTA.

"Jumlah panggilan yang tinggi sebelum COVID-19 hanya terlihat di akhir pekan, tapi sekarang hampir terjadi setiap hari."

Marty menambahkan waktu menunggu rata-rata orang yang menelepon layanan darurat saat ini naik sekitar satu atau dua menit.

Senin malam kemarin, tepat setelah pukul 9 malam, waktu tunggu terlama untuk orang yang menelepon 000 adalah 13 menit, katanya.

Ia juga menjelaskan layanan darurat sudah mengambil sejumlah langkah, seperti mempekerjakan 43 staf tambahan yang bekerja penuh, menawarkan lembur kepada sejumlah pekerja, serta memanggil kembali karyawan yang sedang mengerjakan hal lain.

Negara bagian Victoria dengan ibu kota Melbourne mencatat angka penularan tertinggi akibat wabah virus corona varian Delta

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News