Melki: Berikan Kesempatan Kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

Melki: Berikan Kesempatan Kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Emanuel Melkiades Laka Lena. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi lX DPR Melki Laka Lena merespons munculnya petisi berisi permintaan kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi mencopot Terawan Agus Putranto dari posisi menteri kesehatan. Terawan dianggap gagal menangani pandemi Covid-19.

Melki menjelaskan sejak awal pandemi Covid-19 muncul di Wuhan, Tiongkok, dan menjadi berita dunia, Terawan dan Komisi IX DPR secara intensif melakukan rapat dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk pencegahan.

Menurutnya, infrastruktur penanganan flu burung kemudian diaktifkan untuk persiapkan penanganan. Pintu-pintu masuk Indonesia baik darat, laut, khususnya udara, melalui KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) seluruh indonesia sejak awal 2020 mulai mempersiapkan berbagai langkah pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Menkes dan jajarannya aktif melakukan berbagai langkah berkoordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga memastikan langkah pencegahan berjalan efektif,” kata Melki kepada JPNN.com, Senin (5/10).

Menurutnya, Terawan, Menlu Retno Marsudi,  dibantu Dubes RI di Tiongkok, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, Kepala BNPB Doni Monardo, dipimpin Menko PMK Muhadjir Effendy sejak awal berjibaku mengurus WNI. “Baik itu yang ada di Wuhan dan berbagai klaster lainnya seperti di kapal pesiar untuk bisa kembali ke Indonesia sesuai tuntutan masyarakat,” kata politikus Partai Golkar itu.

Dia melanjutkan para WNI itu akhirnya kembali ke rumah masing-masing setelah menjalani karantina sesuai protokol kesehatan, seperti di Kepulauan Natuna dan Kepulauan Seribu.

“Menkes dan jajaran bekerja bersama berbagai pihak untuk memastikan semua upaya penanganan kesehatan awal pandemi berjalan baik,” ujar Melki.

Ia menyatakan Terawan sejak awal pandemi sudah mengingatkan semua pihak bahwa yang terpenting menghadapi Covid-19 adalah imunitas tubuh dan pikiran positif masyarakat, karena obat masih belum ditemukan.

Melki meminta supaya Menkes Terawan sebaaiknya diberikan kesempatan untuk bekerja dalam penanganan Covid-19. Evaluasi jabatan Menkes Terawan diserahkan kepada Jokowi, setelah situasi bangsa kondusif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News