Memaknai Lailatul Qadar dalam Konteks Kekinian

Oleh: Prof Dr Thohir Luth*

Memaknai Lailatul Qadar dalam Konteks Kekinian
Memaknai Lailatul Qadar dalam Konteks Kekinian

jpnn.com - MEMBICARAKAN malam Lailatul Qadar pada dasarnya tidak bisa lepas dari malam Nuzulul Quran. Malam turunnya Alquran, bagi masyarakat Indonesia, yang biasa diperingati pada malam ke-17 Ramadan itu dilatarbelakangi peristiwa diturunkannya Alquran pada 17 Ramadan 2 Hijriah atau 10 Agustus 610 Masehi.

Alquran diturunkan Allah sebagai petunjuk. Isinya berupa perintah dan larangan. Pesan melalui turunnya Alquran adalah bahwa Allah mempersenjatai umat agar hidup lebih bernilai. Baik itu secara ritual, material, maupun spiritual.

Allah SWT dalam Surat Al Qadr ayat 1 berfirman yang artinya, "Sesungguhnya Kami telah menurunkan (Alquran) pada malam Qadar (Lailatul Qadar)".

Kemudian, dalam Surat Al Baqarah ayat 185 Allah berfirman yang artinya, ''Bulan Ramadan adalah bulan di mana di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan batil''.

Selain dua ayat di atas, dalam Surat Ad Dukhan ayat 3 disebutkan pula yang artinya, "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi".

Di sisi lain, malam Lailatul Qadar yang juga diartikan Malam Seribu Bulan atau setara 83 tahun menjadi cermin, apa amal yang sudah diperbuat manusia selama diberi hidup selama ini?

Dengan ganjaran seribu bulan atau 83 tahun itu sebenarnya manusia diberi kesempatan lebih panjang untuk berbuat lebih baik. Bandingkan dengan usia Nabi Muhammad SAW ketika meninggal berumur 63 tahun.

Peristiwa turunnya Alquran sebagaimana yang biasa diperingati umat Islam Indonesia pada dasarnya juga dicontohkan Rasulullah SAW. Jika pun peristiwa itu diperingati dengan niat dan alasan yang baik, hendaknya tidak sekadar seremonial.

MEMBICARAKAN malam Lailatul Qadar pada dasarnya tidak bisa lepas dari malam Nuzulul Quran. Malam turunnya Alquran, bagi masyarakat Indonesia, yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News