Membangun Indonesia Melalui Budidaya Lele

Membangun Indonesia Melalui Budidaya Lele
AKSI NYATA: Eko Andy Setiawan memberikan makan lele di kolam yang dibudayakannya bersama KUB. Foto Novela Anggraeni/Radar Sidoarjo/JPNN.com

jpnn.com - Awalnya mereka merupakan penggiat di salah satu majelis, kemudian tergerak dan berinisiatif melakukan lebih dari hanya sekadar mengaji.

Dari situlah terbentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sidoarjo. Di KUB ini mereka berupaya untuk membangun Indonesia melalui budidaya ikan lele.

NOVELA ANGGRAENI - Radar Sidoarjo

Eko Andy Setiawan dan Miftakhur Ridho, kedua orang ini merupakan pentolan di KUB. KUB ini merupakan salah satu cabang kegiatan dari Orip Manfaat (OM) yang diprakarsai oleh Priyo Aljabar.

Awalnya mereka bertemu dengan salah satu pentolan grup lawak Galajapo itu, lalu berbagi keresahan terhadap situasi terkini di Indonesia. 

Lalu pertanyaan sederhana pun muncul, “Bagaimana membangun Indonesia yang seperti ini?”. 

Priyo pun menjawab dengan ajakan untuk aksi nyata membangun Indonesia. Membangun di sini dalam arti membangun desa masing-masing dan membantu orang-orang di sekitar lingkungan yang membutuhkan.

Dari sinilah Boby (sapaan Eko Andy Setiawan) dan Ridho berinisiatif untuk membangun Indonesia dengan kemandirian ekonomi. Bekalnya cuma satu, tekad berani.

Awalnya mereka merupakan penggiat di salah satu majelis, kemudian tergerak dan berinisiatif melakukan lebih dari hanya sekadar mengaji. Dari situlah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News