Membayangkan Riuhnya Danau Toba ketika Sudah Ada Kereta Gantung

Membayangkan Riuhnya Danau Toba ketika Sudah Ada Kereta Gantung
Danau Toba. Foto: Metro Siantar/JPNN

jpnn.com - MENGUNJUNGI Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, rasanya kurang mantab jika melewatkan sensasi menikmati pemandangan 33 anjungan dari atas, sembari duduk manis di kabin kereta gantung (cable car). Pas untuk satu keluarga ideal; suami, istri, dan dua buah hati.

Tapi harus antri, terutama saat akhir pekan, terlebih saat masa liburan sekolah. Antrian membeludak tatkala libur lebaran. Tiga stasiun kereta gantung, A, B dan C, yang berada di kawasan wisata rintisan Ibu Tien Soeharto itu tidak pernah sepi.

Tatkala ada kabar investor asal Austria berhasrat membangun sarana kereta gantung di kawasan Danau Toba, bayangan menggeliatnya destinasi wisata andalan Sumut itu langsung muncul.

"Kereta gantung merupakan salah satu favorit pengunjung Taman Mini. Animo pengunjung sangat tinggi. Kalau sudah masuk Taman Mini, biasanya naik kereta gantung. Kereta gantung menjadi salah satu ikon kami, selain Keong Emas," ujar Kepala Humas TMII Jerry Lahama kepada JPNN, kemarin (10/2).

Redy, anak buah Jerry, menambahkan, berdasar hasil amatannya, biasanya pengunjung TMII, begitu tiba langsung menuju lokasi kereta gantung. Setelah itu, baru keliling.

Amatan koran ini dalam beberapa kali kunjungan ke area wisata seluas 153 hektare itu, mesin pemutar kereta gantung nyaris tak pernah henti. Begitu penumpang turun, masuk lagi yang sudah antri. Yang antri di atas dibatasi dua hingga tiga keluarga. Namun yang di bawah, antrian masih panjang. Itu terlihat hampir di setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

"Ya, memang yang naik dalam satu kabin itu rata-rata satu keluarga, maksimal empat orang," ujar Jerry. Tiket per orang Rp  40 ribu. Beroperasi sejak pagi hingga pukul 16.00. Tapi, kalau masih ada yang antri, tetap dilanjutkan hingga petang.

Tidak sekedar "berdebar" karena berada di atas ketinggian, penumpang kereta gantung TMII juga bisa menikmati pemandangan anjungan-anjungan, berupa rumah-rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia. Dari atas, bisa terlihat danau buatan, yang kadang terlihat beberapa pasang anak ABG sedang pacaran di tepinya.

MENGUNJUNGI Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, rasanya kurang mantab jika melewatkan sensasi menikmati pemandangan 33 anjungan dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News