Membentuk Kedisiplinan Anak dengan Menyenangkan

Membentuk Kedisiplinan Anak dengan Menyenangkan
Membentuk Kedisiplinan Anak dengan Menyenangkan. Kepala PAUD Tadika Puri Heny Kurnia. Foto Esti/Radar Gresik/JPNN.com

jpnn.com, GRESIK - Kedisiplinan adalah salah satu kunci keberhasilan. Sikap kedisiplinan anak harus tumbuh bersama dengan perkebangannya.

Menurut Kepala PAUD Tadika Puri Heny Kurnia, kedisiplinan yang diajarkan seharusnya anak-anak bisa lebih menikmati masa kecilnya sesuai dengan kebutuhan.

“Selama ini banyak anak-anak yang karena diberi kebebasan mereka malah kebablasan,” kata Heny seperti yang dilansir Radar Gresik (Jawa Pos Group), Rabu (17/5).

Menurut dia, konsep kedisiplinan ini dengan mudah ia terapkan. Sebab, dirinya selalu memberikan reward dan punishment untuk anak-anak yang bisa disiplin.

“Tidak perlu mahal-mahal asalkan anak merasa punya kebanggaan tersendiri,” ungkap dia.

Prilaku spontan si kecil, seperti membersihkan rumah dan membereskan kamar bisa diapresiasi dengan hadiah. Menurutnya, langkah ini membuat anak merasa kerja kerasnya dihargai.

“Hal tersebut akan membuat anak mengulanginya lagi, tambah dengan pujian yang bisa memberi pengaruh positif selanjutnya,” ungkap dia.

Dikatakan, membiasakan anak disiplin dari kecil bisa dilakukan dengan memperkenalkan mereka pada aturan. Peraturan sederhana dinilainya membuat anak untuk sama-sama menyetujui hal yang dibentuk bersama.

Kedisiplinan adalah salah satu kunci keberhasilan. Sikap kedisiplinan anak harus tumbuh bersama dengan perkebangannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News