Membersihkan Wajah Dua Tahap Efektifkah?

Membersihkan Wajah Dua Tahap Efektifkah?
Membersihkan wajah dengan toner. Foto: Today Show

jpnn.com - Metode membersihkan wajah dengan double cleansing dikenal pertama kali dari Jepang dan Korea Selatan. Cara ini kemudian meluas hingga mencapai Eropa dan Amerika Utara. Hingga saat ini di Indonesia banyak yang mulai mengenal dan menerapkan dalam kesehariannya. Metode ini termasuk dalam cara membersihkan wajah, sebenarnya apakah perlu?

Double cleansing merupakan suatu metode membersihkan wajah dengan dua tahap yaitu pertama menggunakan pembersih berbahan dasar minyak dan selanjutnya dengan pembersih berbahan dasar air.

Manfaat membersihkan wajah dengan bahan dasar minyak
Pada dasarnya pembersih berbahan dasar minyak akan menghilangkan kotoran yang berbasis minyak seperti make-up, sebum/minyak, SPF, polusi, dan sebagainya. Sedangkan pembersih berbahan dasar air akan menghilangkan kotoran berbasis air seperti keringat, kotoran, dan lain-lain.

Pembersih pertama dengan bahan dasar minyak atau micellar water akan memecahkan make-up, menghilangkan kotoran dan kelebihan minyak dari aktivitas keseharian yang menumpuk pada wajah hingga berfungsi membersihkan wajah.

Pembersih kedua sebaiknya disesuaikan dengan tipe kulit atau kondisi pada wajah. Dan sebaiknya mengandung bahan untuk menghidrasi, menenangkan atau mengupas dan mengobati jerawat.

Membersihkan wajah dengan teknik yang tidak baik rentan menyebabkan kerusakan oksidatif pada kulit. Selain itu juga dapat mengakibatkan pemecahan kolagen dan perkembangan keriput dan bercak akibat paparan sinar matahari.

Dapat digunakan untuk membersihkan kotoran pada wajah
Metode double cleansing ini dilakukan bahkan jika Anda tidak menggunakan make-upsecara rutin atau setiap hari. Penting bukan hanya menghapus make-up, tetapi juga kotoran dan polusi yang terkumpul pada kulit selama seharian.

Tidur dengan make-up yang masih menempel, atau lupa membersihkan wajah sebelum tidur juga merupakan kesalahan besar. Kebiasaan ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Salah satu jenis jerawat yang bisa muncul termasuk tipe jerawat kista yang dapat sangat menyakitkan.

Metode double cleansing saat ini memang banyak dipakai oleh wanita untuk membersihkan wajah.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News