Memikul Beban Sebagai Cucu Soekarno & Anak Megawati, Puan Maharani Punya Gaya Kepemimpinan Seperti Apa?

Memikul Beban Sebagai Cucu Soekarno & Anak Megawati, Puan Maharani Punya Gaya Kepemimpinan Seperti Apa?
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tahun 2019 Puan Maharani mencatatkan sejarah setelah dirinya dipilih sebagai perempuan pertama yang menjabat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Sebelumnya, jabatan ini selalu diisi oleh kaum 'maskulin'.

Bila ditarik lagi ke belakang, Puan juga pernah didapuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) oleh Presiden Joko Widodo pada 2014-2019.

Apalagi, Puan juga masuk jajaran elite partai yang dipimpin oleh ibunya, Megawati Soekarnoputri.

Publik pun bersuara, mempertanyakan kredibilitas dan kualitas kepemimpinan seorang Puan Maharani. Terlebih lagi, dia memang sudah berada di lingkaran abdi negara seumur hidupnya.

Ibunya ialah Presiden RI Kelima, almarhum ayahnya, Taufiq Kiemas menjabat Ketua MPR, lalu kakeknya, Soekarno adalah Proklamator sekaligus Presiden Pertama RI.

Lalu seperti apa sebenarnya sosok Puan? Politikus PDI Perjuangan Aria Bima menilai sebagai Ketua DPR, Puan merupakan sosok yang cukup cerdas dan cepat dalam menyesuaikan diri sebagai pemimpin.

“Kadang bisa sebagai teman, bisa sebagai kakak, kadang bisa juga sebagai ibu. Dia juga bisa mengeluarkan taringnya sebagai pemimpin yang berani bersikap,” kata Aria.

Dia juga melihat bahwa eks Menko PMK tersebut berproses dan akan menjadi seseorang yang cukup matang. Selama satu tahun terakhir ini, Aria menyebutkan Puan harus menghadapi berbagai persoalan.

Tahun 2019 Puan Maharani mencatatkan sejarah setelah dirinya dipilih sebagai perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News