Memperingati 17 Tahun Tsunami, Sofyan Djalil: Terima Kasih Negara Sahabat

Memperingati 17 Tahun Tsunami, Sofyan Djalil: Terima Kasih Negara Sahabat
Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil acara Global Aceh Solidarity Forum di Aula Prona Lantai 7, Gedung Kementerian ATR/BPN. Minggu (26/25). Foto: Tomi Mone/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Memperingati 17 tahun Tsunami di Aceh, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil mengapresiasi dukungan internasional dalam pemulihan Aceh pasca-Tsunami.

"Terima kasih untuk seluruh negara- negara sahabat," ujarnya pada acara Global Aceh Solidarity Forum di Aula Prona Lantai 7, Gedung Kementerian ATR/BPN. Minggu (26/25).

Menteri Sofyan mengatakan ada dua sumber bencana yaitu the force of nature (fenomena alam) dan yang disebabkan oleh ulah manusia.

"Bencana yang disebabkan oleh faktor alam secara teori kita tidak bisa melakukan banyak hal (mencegah)", ungkapnya.

Hal tersebut berbeda jika sumber bencananya disebabkan oleh ulah manusia.

"Ini dapat dicegah, misalnya bencana banjir, tanah longsor, rusaknya lingkungan," tuturnya.

Menurut Menteri ATR/BPN bencana tersebut dapat dicegah dengan pengelolaan tata ruang yang baik, menjaga kelestarian hutan, sungai, dan lain- lain.

Oleh karena itu, baik pencegahan dan penanggulangan pasca bencana membutuhkan membutuhkan good government dan manajemen yang baik.

Memperingati 17 tahun Tsunami di Aceh, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil mengapresiasi dukungan internasional dalam pemulihan Aceh pasca Tsunami.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News