Memperkuat Ketahanan Pangan, Indonesia Gandeng Thailand untuk Optimasi Lahan Rawa

Memperkuat Ketahanan Pangan, Indonesia Gandeng Thailand untuk Optimasi Lahan Rawa
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (kiri) saat melakukan pertemuan bilateral dengan Duta Besar Thailand untuk Indonesia Prapan Disyatat di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (28/11). Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengajak Pemerintah Thailand untuk sama-sama memperkuat ketahanan pangan di kawasan regional ASEAN.

Hal itu disampaikan Mentan Amran saat melakukan pertemuan bilateral dengan Duta Besar Thailand untuk Indonesia  Prapan Disyatat di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (28/11).

Menurut Mentan Amran, Thailand dan Indonesia sama-sama memiliki banyak pengalaman dalam menjadikan lahan rawa menjadi lahan produktif.

Namun, lanjut dia, Thailand ternyata ada pengalaman juga dalam mengelola lahan kering dan basah (swampland dan whiteland).

"Nah kami akan coba kolaborasikan dengan mereka, karena kami sudah mengelola 400 ribu hektare. Kami kolaborasikan siapa tahu ada teknologi yang bisa digunakan dan teknologi kita bisa mereka gunakan juga. Kami peruntukkan bagi optimasi lahan rawa yang potensinya untuk sektor pertanian ada sepuluh juta hektare," papar Mentan Amran usai menerima kunjungan kerja Duta Besar Prapan Disyatat.

Diketahui, Indonesia saat ini tengah fokus meningkatkan produksi komoditas strategis untuk menekan kebijakan impor yang sudah mencapai 3,5 juta ton.

Salah satunya dengan mengoptimalkan 10 juta hektare lahan rawa yang tersebar di seluruh Indonesia, di antara di Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Riau, Bengkulu, Sulawesi Selatan dan daerah lainnya.

"Insyaallah mudah-mudahan dalam waktu dekat kami akan optimalkan semua ini, karena masalah padi adalah masalah global bukan lagi masalah nasional. Kita mulai jalan Desember 2023 ini. Nah ini harus kami kolaborasi antarnegara," ujar Mentan Amran.

Mentan Amran melakukan pertemuan bilateral dengan Dubes Thailand untuk Indonesia membahas rencana kolaborasi kedua negara dalam memperkuat ketahanan pangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News