Menag Komentari Aksi Banser Temui Pimpinan Yayasan Terindikasi HTI

Menag Komentari Aksi Banser Temui Pimpinan Yayasan Terindikasi HTI
Menteri Agama Fachrul Razi. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Aksi yang dilakukan Banser PC Ansor Bangil Pasuruan, Jatim, direspons positif Menteri Agama Fachrul Razi .

Diketahui, Banser berupaya melakukan tabayun atau klarifikasi  berkenaan dengan adanya dugaan penghinaan terhadap tokoh NU Habib Luthfi oleh akun media sosial salah seorang guru di sebuah yayasan lembaga pendidikan Islam di Rembang.

Yayasan tersebut diduga menjadi tempat penyebaran ideologi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), yang keberadaannya sudah dilarang pemerintah.

Ketua PC Ansor Bangil Saad Muafi menemui Zainulloh, yang disebut sebagai pimpinan di lembaga pendidikan madrasah dengan nama Yayasan Al Hamidy Al Islamiyah.

Meski terjadi perdebatan panas, tetapi tidak terjadi aksi kekerasan.

"Saya apresiasi langkah tabayyun yang dilakukan Banser PC Ansor Bangil yang mengedepankan cara-cara damai dalam menyikapi gesekan di masyarakat terkait masalah keagamaan," kata Menag Fachrul Razi dalam siaran persnya, Sabtu (22/8).

Dia kembali mengingatkan agar masyarakat berhati-hati bermedia sosial dan tidak menggunakannya untuk mengumbar kebencian, cacian, apalagi terkait isu keagamaan yang sangat sensitif.

Fachrul menegaskan, tidak ada ruang untuk berkembangnya ideologi apapun yang dimaksudkan sebagai pengganti Pancasila sebagai ideologi negara.

Menag Fachrul Razi menyampaikan pernyataan menanggapi aksi Banser Ansor Bangil Psuruan menemui pimpinan yayasan yang diduga HTI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News