Menag Lukman Minta Umat Islam Salat Gaib untuk Mbah Moen

Menag Lukman Minta Umat Islam Salat Gaib untuk Mbah Moen
Lukman Hakim Saifuddin. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, MAKKAH - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyerukan kepada umat Islam di Tanah Air untuk melaksanakan salat gaib untuk almarhum KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen yang wafat di Makkah hari ini, Selasa (6/8). Menteri Lukman mengaku teramat sedih atas kehilangan sosok ulama, orang tua dan guru yang sangat dihormatinya.

"Kita sungguh sangat kehilangan, beliau adalah orang tua kita, guru kita, pembimbing dan penuntun kita. Saya ingin mengajak segenap umat muslim di Indonesia khususnya para murid beliau dan pengikutnya untuk mengikhlaskan kepergian beliau. Kita boleh sangat terpukul, bersedih hati atas kehilangan dan saya memohon kita semua untuk mengikhlaskan," ujar Menteri Lukman dalam pernyataan resminya, Selasa (6/8).

Dengan mata berkaca-kaca, Lukman mengungkapkan, Mbah Moen wafat secara husnul khatimah. Dia pun mengajak umat Islam mendoakan mudah-mudahan segala kesalahan dan kekhilafan almarhum diampuni Allah SWT. Diterima segala amal kebajikan dan pada pada akhirnya Allah menempatkan beliau di tempat yang sebaik baiknya.

BACA JUGA: Fahri Hamzah: Pesan Terakhir Mbah Moen Ini Paling Berkesan Bagi Saya

Menurut Menteri Lukman, rencananya jenazah disemayamkan di kantor Daker Makkah.

"Mudah-mudahan ini masih terus kita ikhtiarkan. Kami juga mendapat informasi dari pihak keluarga dan kerabat bahwa kemungkinan besar beliau akan dimakamkan di Makkah dengan pertimbangan beragam," ucapnya.

"Kita memang kehilangan beliau namun pasti banyak hikmah di balik kepulangan beliau. Mudah-mudahan murid dan santrinya akan banyak yang mengantikan peran beliau selama ini di kehidupan masyarakat," sambungnya.(esy/jpnn)


Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyerukan kepada umat Islam di Tanah Air untuk melaksanakan salat gaib untuk almarhum KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen yang wafat di Makkah hari ini, Selasa (6/8).


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News