Menag Pastikan BPIH 2012 Naik

Menag Pastikan BPIH 2012 Naik
Menag Pastikan BPIH 2012 Naik
JAKARTA--Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali memastikan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2012 ini akan mengalami kenaikan. Menurutnya, hal ini disebabkan adanya kenaikan harga bahan bakar minyak  (BBM) dunia.

"Berdasarkan hitung-hitungan yang kemarin, nampaknya sementara ini diperkirakan akan ada kenaikan BPIH. Yakni, mencapai 2206 dollar, sedangkan tahun 2011 lalu sebesar  1830 dollar. Kenapa naik? Memang realitasnya seperti itu. BBM-nya kan  naik," ungkap Suryadharma di Jakarta, Minggu (11/3).

Dijelaskan, pada tahun 2011 lalu harga BBM per liternya hanya sekitar 0,6 - 0,7 dollar per liter. Sedangkan tahun 2012 ini sudah jauh melebihi angka tersebut. "Sekarang kan sudah meningkat tajam maka tidak bisa dihindari. Tiket haji naik. Itu otomatis. Ini yang saya beberapa waktu yag lalu sudah menyampaikan memang ada tanda-tanda kenaikan BPIH," imbuhnya.

Suryadharma menerangkan, ada tiga tanda yang menonjol yang menentukan kenaikan BPIH di tahun 2012 ini. Pertama,  kenaikan harga BBM dunia. Kedua, perumahan/pemondokan di Mekkah. Pada waktu haji 2011 lalu selesai, lanjut dia, ada sekitar 1700 rumah di sekitar masjidil haram dibongkar. Akibatnya, supply kurang karena dibongkar dan demand naik, maka harga naik.

JAKARTA--Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali memastikan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2012 ini akan mengalami kenaikan. Menurutnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News