Menag Yaqut Optimistis 1.000 Kampung Zakat Ada di Seluruh Daerah

Menag Yaqut Optimistis 1.000 Kampung Zakat Ada di Seluruh Daerah
Menag Yaqut Optimistis 1.000 Kampung Zakat Ada di Seluruh Daerah. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah meresmikan Kampung Zakat di Desa Suka Maju, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dia menargetkan tahun ini ada 1.000 Kampung Zakat yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Kampung Zakat adalah salah satu program sinergi antara Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama dengan Basnaz (Badan Amil Zakat Nasional) dan lembaga pengelola zakat lainnya. 

Menurut Gus Yaqut, panggilan akrabnya, Kementerian Agama mendorong kampung-kampung zakat bisa berkembang dan bertumbuh di seluruh daerah di Indonesia.

"Kami sudah mendiskusikan dengan berbagai lembaga pengelola zakat, bila saat ini baru ada 514 kampung zakat," ujar Menag Yaqut, Selasa (17/1).

Dia menargetkan tahun ini menjadi 1.000 kampung zakat. Kalau bisa berjalan dengan baik, Menag Yaqut yakin upaya pemerintah dalam melepaskan kemiskinan itu akan didorong oleh keberadaan kampung zakat yang diinisiasi dan didirikan oleh masyarakat.

Zakat adalah ibadah yang bersifat kebendaan sekaligus bersifat sosial. Di dalam Al-Qur'an, lanjut Menag, zakat merupakan ibadah yang penting dan tidak boleh ditinggalkan oleh umat Islam.

"Inisiasi kampung zakat dari Ditjen Bimas Islam Kemenag ini sekaligus menjadi pengingat bagi ke semua, bahwa bagi yang berkecukupan memiliki kewajiban menyisihkan harta untuk berzakat yang notabene hak orang lain yang dititipkan ke kita," pesannya.

Menag Yaqut Cholill Qoumas optimistis 1.000 Kampung Zakat ada di seluruh daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News