Menag Yaqut Sampaikan Masalah di Muzdalifah kepada Menteri Haji Saudi, Begini Kalimatnya

Menag Yaqut Sampaikan Masalah di Muzdalifah kepada Menteri Haji Saudi, Begini Kalimatnya
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufiq F Al Rabiah pada pertemuan khusus sebelum menghadiri Hafl al-Haj al-Khitamy 1444 H, acara perayaan selesainya puncak haji, di Kantor Kementerian Haji dan Umrah di Makkah, Jumat (30/6) malam. ANTARA/HO-MCH 2023

jpnn.com, MAKKAH - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufiq F Al Rabiah menggelar pertemuan khusus sebelum menghadiri Hafl al-Haj al-Khitamy 1444 H, acara perayaan puncak haji di Kantor Kementerian Haji dan Umrah di Makkah, Jumat (30/6) malam.

Dalam pertemuan tersebut, Menag Yaqut menyampaikan apresias sejumlah masalah yang dihadapi jamaah haji Indonesia dan masalah selama beribadah haji 1444 H khususnya saat di Muzdalifah dan Mina.

"Layanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina sepenuhnya menjadi tanggung jawab Mashariq dan pihak Arab Saudi, sehingga Menag Yaqut menyampaikan sejumlah masalah yang muncul kepada Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufiq," kata ungkap Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief di Mekkah, Minggu.

Dia menambahkan sejumlah masalah yang dialami jamaah haji Indonesia antara lain keterlambatan pemberangkatan jamaah dari Muzdalifah ke Mina.

Jamaah terakhir diberangkatkan ke Mina pada pukul 13.30 Waktu Arab Saudi. Hal itu menyebabkan jamaah kepanasan saat di Muzdalifah.

Mashariq yang bertanggungjawab dalam mobilisasi jamaah gagal memenuhi target untuk segera membawa jamaah haji Indonesia dari Muzdalifah ke Mina.

Masalah lainnya muncul saat jamaah berada di Mina. Dia menyebutkan sanitasi di sejumlah maktab yang dihuni jamaah haji Indonesia sangat buruk.

Air bersih di dapur di sejumlah maktab tidak keluar yang berakibat pada keterlambatan penyiapan makanan dan distribusinya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufiq F Al Rabiah menggelar pertemuan khusus sebelum menghadiri Hafl al-Haj.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News