Menag Yaqut Sebut Seluruh Calon Jemaah Haji Sudah Melunasi Bipih

Menag Yaqut Sebut Seluruh Calon Jemaah Haji Sudah Melunasi Bipih
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (kiri) berbincang dan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief (kanan) sebelum rapat kerja bersama Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (17/5/2023). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc/aa)

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut mengatakan seluruh jemaah calon haji yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada 2023 ini sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji atau Bipih

"Per jam ini (12.30 WIB), alhamdulillah yang mendaftar lunas sudah kelebihan. Jadi, sudah 100 persen," kata Menag Yaqut dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Jakarta, Rabu (17/5).

Dengan demikian, 203.320 calon haji atau 100 persen dari kuota pemberangkatan jemaah haji reguler sudah terisi.

Selanjutnya, Kementerian Agama fokus mengurus pemanfaatan kuota haji tambahan untuk 8.000 orang, termasuk menangani pelunasan biaya haji.

Menurut Gus Yaqut, tingginya persentase calon haji yang melunasi Bipih tidak lepas dari kerja keras petugas pelayanan haji di daerah.

"Ini menunjukkan kawan-kawan kami di daerah bekerja keras. Tidak perlu diragukan lagi," ungkapnya.

Pemerintah Indonesia pada pelaksanaan ibadah haji 2023 semula mendapat kuota memberangkatkan 221.000 orang ke Tanah Suci. 

Kuota pemberangkatan jamaah calon haji tersebut mencakup reguler (203.320 orang) dan khusus (17.680 orang). Pemerintah Arab Saudi kemudian memberikan tambahan kuota haji untuk 8.000 orang.

Menurut Menag Yaqut, tingginya persentase calon haji yang melunasi Bipih tidak lepas dari kerja keras petugas pelayanan haji di daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News