Menahan Nafas saat Radiasi Bisa Lindungi Jantung Pasien Kanker Payudara

Menahan Nafas saat Radiasi Bisa Lindungi Jantung Pasien Kanker Payudara
Foto: Daily Telegraph

jpnn.com - RISET baru yang dipublikasikan dalam Practical Radiation Oncology Journal telah menemukan adanya kaitan antara menahan nafas dengan paparan sinar radiasi pada penderita kanker payudara. Berdasar riset itu, pasien kanker payudara yang menahan nafas selama pengobatan radiasi dapat melindungi jantung mereka dari paparan sinar radiasi.

Untuk diketahui, wanita yang memiliki kanker di payudara sebelah kiri berada menanggung risiko yang lebih tinggi dari penyakit kardiovaskular. Kondisi itu menjadi tantangan khusus bagi ahli radiasi onkologi karena mereka sulit untuk memberikan dosis radiasi yang tepat bagi payudara kiri sekaligus efektif melindungi jantung dari paparan radiasi.

"Kami ingin menentukan seberapa efektif menahan nafas bisa di melindungi jantung dari paparan radiasi asing selama pengobatan payudara kiri," kata peneliti Harriet Eldredge-Hindy seperti dilansir laman Health Me Up, Minggu (18/1).

Pada masa lalu, sejumlah metode memang dikembangkan untuk menurunkan paparan radiasi jantung. Namun, ternyata menahan napas justru mampu melindungi jantung dari berbagai sinar radiasi.

Dalam studi itu, 81 wanita diminta untuk mencoba teknik menahan nafas selama pengobatan radiasi untuk kanker payudara. Para peneliti menemukan bahwa pasien kanker payudara yang mampu menahan nafas mereka selama pengobatan radiasi, memiliki 90 persen kelangsungan hidup bebas penyakit dan 96 persen kelangsungan hidup secara keseluruhan dengan penurunan rata-rata dalam dosis radiasi ke jantung 62 persen.

"Mengingat bahwa teknik ini membantu untuk melindungi jantung selama pengobatan radiasi untuk kanker payudara, kami secara rutin menawarkan pengobatan kanker payudara dengan teknik menahan napas," pungkas Profesor Rani Anne.(fny/jpnn)


RISET baru yang dipublikasikan dalam Practical Radiation Oncology Journal telah menemukan adanya kaitan antara menahan nafas dengan paparan sinar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News