Menaker: Dialog Sosial Selesaikan Masalah Ketenagakerjaan

Menaker: Dialog Sosial Selesaikan Masalah Ketenagakerjaan
Menteri Ketenagakerjaan, M Hanif Dhakiri. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, DEPOK - Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri mengatakan tidak ada larangan untuk buruh melakukan aksi unjuk rasa sepanjang memperhatikan urgensi dan efektifitasnya.

Bahkan, selama proses unjuk rasa, juga perlu diiringi dengan dialog sosial untuk menemukan solusi bersama.

“Di negara maju, dialog sosial terus digemakan dalam menghadapi masalah ketenagakerjaan,” ujar Hanif di sela-sela gowes bersama dengan serikat pekerja, di hutan UI, Depok, Jawa Barat, Sabtu (29/4).

Hanif mengatakan, dialog sosial ketenagakerjaan menjadi salah satu kunci peningkatan kesejahteraan buruh. Dia menyadari kepentingan pengusaha dan pekerja pasti berbeda.

"Tapi sepanjang bisa didialogkan, solusi pasti ditemukan,” ujar Hanif.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan Hubungan Industrial (PHI) dan Jaminan Sosial (Jamsos) Haiyani Rumondang menambahkan, dialog sosial antara buruh, pengusaha, dan pemerintah memang harus dibudayakan.

"Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya berolahraga bersama, seperti Gowes Bareng ini," kata Haiyani.

Keakraban juga bisa dijalin dengan kegiatan bersama lainnya, seperti yang akan dilakukan di puncak acara May Day Festival pada 1 Mei di Senayan.

Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri mengatakan tidak ada larangan untuk buruh melakukan aksi unjuk rasa sepanjang memperhatikan urgensi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News