Menaker Ida Beber Kunci Hadapi Tantangan Berat Ketenagakerjaan di Era Industri 4.0

Menaker Ida Beber Kunci Hadapi Tantangan Berat Ketenagakerjaan di Era Industri 4.0
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat hadir di acara peringatan Hari Buruh Internasional 2023 yang mengangkat tema 'Merajut Kebersamaan di Hari yang Fitri' di PT Panasonic Manufacturing Indonesia, Jakarta, Senin (1/5). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengingatkan tantangan dunia ketenagakerjaan di era industri 4.0 semakin berat.

Pasalnya di era industri 4.0 telah membuka peluang terciptanya profesi baru, sementara banyak profesi lama yang mulai tergerus.

Untuk menjawab tantangan tersebut, kata Menteri Ida Fauziyah, dibutuhkan kekompakan serta soliditas antara organisasi pekerja, organisasi pengusaha dan pemerintah.

"Saya meyakini lewat kekompakan dan soliditas ini tantangan-tantangan di bidang ketenagakerjaan bisa kita lalui bersama," kata Menaker Ida Fauziyah saat memberikan laporan pembuka di acara Puncak Perayaan Buruh Internasional 2023 yang mengangkat tema 'Merajut Kebersamaan di Hari yang Fitri'.

Pada acara yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Mayday kali ini menjadi momentum untuk memperluas kesempatan kerja, meningkatkan kesejahteraan buruh atau pekerja, melindungi hak buruh/pekerja, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing nasional.

Selain itu, lanjut Jokowi, peningkatan kualitas SDM terutama melalui pengembangan pendidikan vokasional, salah satunya melalui program prakerja dan pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat dan industri.

"Untuk itu, pemerintah berusaha mengundang investasi dalam dan luar negeri untuk menambah kesempatan kerja, mengurangi pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan buruh dan tenaga kerja," kata Presiden Jokowi secara virtual.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan dalam mengakselerasi investasi di tengah ketidakpastian ekonomi dunia dan untuk menampung masyarakat yang menganggur, angkatan kerja baru yang bertumbuh setiap tahunnya serta korban PHK, pemerintah akan melakukan hilirisasi sumber daya alam, baik sektor pertambangan, kehutanan dan kelautan.

Menaker Ida Fauziyah membeberkan kunci menghadapi tantangan berat ketenagakerjaan di era industri 4.0, simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News