Menaker Ida Dampingi Wapres Pimpin Rakor Bahas Kemiskinan Ekstrem di Manokwari

Menaker Ida Dampingi Wapres Pimpin Rakor Bahas Kemiskinan Ekstrem di Manokwari
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mendampingi Wapres Ma'ruf Amin dalam rapat koordinasi terpadu yang berlangsung di Kantor Gubernur Papua Barat, Kamis (14/10). Foto: Kemensos

jpnn.com, MANOKWARI - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam rapat koordinasi terpadu percepatan pembangunan kesejahteraan di Provinsi Papua Barat serta percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem di 5 kabupaten prioritas yang berlangsung di Kantor Gubernur Papua Barat, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Kamis (14/10).

Ada lima kabupaten yang menjadi prioritas penanggulangan kemiskinan ekstrem di tahun ini, yaitu Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Tambraw, Maybrat, dan Manokwari Selatan.

Saat membuka rapat, Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan beberapa hal penting terkait progres pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat agar diketahui seluruh masyarakat.

"Sesuai arahan Bapak Presiden bahwa percepatan pembangunan wilayah Papua harus memberikan perubahan nyata dan hasilnya benar-benar dapat dirasakan manfaatnya khususnya bagi Orang Asli Papua (OAP)," kata Wapres Ma'aruf Amin.

Wapres menyampaikan wujud komitmen pemerintah mempercepat pembangunan di wilayah Papua, kebutuhan pendanaan dalam Rencana Aksi dan Quick Wins tersebut telah dimuat pada APBN 2021, yang secara umum telah dialokasikan melalui pendanaan sektoral kementerian atau lembaga, serta pendanaan transfer ke daerah dan dana desa (TKDD).

"Tujuh fokus pembangunan kesejahteraan yaitu penanggulangan kemiskinan, peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan layanan kesehatan, pembangunan infrastruktur dasar, penguatan usaha kecil dan menengah, peningkatan ketenagakerjaan, dan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs)," sebutnya.

Borong Alpukat Mentega

Usai rakor, dalam perjalanan pulang Wapres Ma'aruf Amin mendadak berhenti menemui pedagang buah di kawasan Pondok Pinang, yang berada di sebelah Kantor Gubernur Papua Barat.

Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan beberapa hal penting di rakor penanggulangan kemiskinan ekstrem di Kantor Gubernur Papua Barat, Kamis (14/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News